Miliki Kemajuan yang Signifikan, Sandi Ulakan jadi Pionir Penggerak Nagari Go Digital

By DUKCAPIL CERIA 10 Des 2019, 14:45:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Miliki Kemajuan yang Signifikan, Sandi Ulakan jadi Pionir Penggerak Nagari Go Digital

Padang Pariaman, 10 Desember 2019

Nagari Sandi Ulakan merupakan salah satu Nagari pilot projek dalam layanan Nagari go digital. (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari). Sebagai Nagari pilot proyek, Nagari Sandi Ulakan memiliki kemajuan yang siginifikan dalam pengembangan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan layanan dilakukan dengan pemanfaatan openSID dalam pelayanan administrasi di Nagari.

Dalam pemanfaatan openSID, Nagari Sandi Ulakan merupakan pelopor bagi Nagari lain di Padang Pariaman. Salah satu bentuk terobosan yang dilakukan adalah pembuatan surat terkait layanan kependudukan berbasis nomor induk kependudukan (NIK), sehingga dalam proses surat terkait layanan kependudukan bisa lebih efisien.

Sebagai pionir Nagari Sandi Ulakan menjadi rujukan bagi perangkat Nagari di Padang Pariaman dalam program Nagari go digital serta pemanfaatan openSID dalam penyelenggaraan Pemerintahan Nagari. Sebagai bentuk pembinaan Dinas Dukcapil melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kemajuan layanan Nagari go digital Dukcapil Ceria di Sandi Ulakan pada Selasa, 10 Desember 2019. Monev dilakukan oleh Kabid PIAK, Anda Marzuni, S.Sos, dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP.

WhatsApp Image 2019-12-10 at 1.46.16 PM.jpeg

Dalam kegiatan pembinaan di Sandi Ulakan, Dukcapil Ceria bertemu dengan Wali Nagari Sandi Ulakan, Zulbaidi, Sekretaris Nagari, Ibnu Hazar, dan seluruh Perangkat Nagari. Dalam kesempatan yang sama juga ikut bergabung Sekretaris Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Satra Kastari.

Dukcapil Ceria memberikan beberapa masukan untuk peningkatan kualitas layanan Nagari go digital di Sandi Ulakan. Meningkatkan publikasi terhadap pelaksanaan layanan Nagari go digital merupakan salah satu yang harus dilakukan sehingga masyarakat tertarik dengan layanan berbasis teknologi informasi. Publikasi dilakukan melalui media sosial dalam bentuk foto dan video maupun media konvensional yang ada di Nagari.

Peningkatan layanan Nagari go digital bisa lebih maksimal melalui peningkatan peran dari semua pemangku kepentingan di Nagari. Potensi dari kaum milenial di Nagari yang belum maksimal digarap untuk memanfaatkan layanan go digital, sehingga perlu pendekatan lebih intensif.

Semangat untuk Sandi Ulakan sebagai pionir Nagari Go Digital, sebagai salah satu inspirasi bagi perangkat Nagari untuk kemajuan Nagari.