Tindaklanjut Penilaian Pelayanan Publik, Kemen PANRB `Pelayanan Dukcapil Ceria Harus Direplikasi`
Berita Terkait
- Peringati HUT RI ke-75, Disdukcapil Borong Tiga Penghargaan Bupati Padang Pariaman0
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil0
- Penilaian Indeks Inovasi Daerah, Dukcapil Ikutkan 8 Inovasi Baru0
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!0
- Kadisdukcapil Himbau Nagari Untuk Mulai Benahi Aspek-aspek Pelayanan Publik0
- Kadis PPKBKPS Provinsi Sumbar Kunjungi Disdukcapil Kabupaten Pasaman Bersama Forum Dukcapil0
- Terima Studi Tiru Kabupaten Kampar, Muhammad Fadhly. Perubahan Harus Dilakukan Secara Konsisten.0
- Evaluasi Kinerja Petugas, Tim Komite Etika Disdukcapil Padang Pariaman Tingkatkan Indikator Reward0
- Persiapan Pembangunan Zona Integritas, Inspektorat Kunjungi Dukcapil Ceria0
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Pariaman, 18 Agustus 2020
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Kementerian PANRB pada Selasa, 18 Agustus 2020. Kunjungan ini ditujukan sebagai tindaklanjut dari tahapan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2020, yang mana sebelumnya telah dilakukan penginputan formulir F1-01 pada Peraturan Menteri PANRB Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik pada 16 Juli 2020.
Kunjungan pengamatan ini dilakukan oleh dua orang evaluator Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, yaitu: Emida Suparti S.H., M.AP dan Fanoeel Thamrin S.T., M.Kom, didampingi oleh Kepala Bagian Organisasi dan RB Kab. Padang Pariaman, Syamsirman bersama 2 orang jajaran, serta 2 orang staf Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Padang Pariaman.
Acara dimulai dari observasi atau pengamatan lingkungan kantor Disdukcapil Padang Pariaman, kemudian dilanjutkan dengan presentasi Kepala Dinas Dukcapil, M. Fadhly S, AP., MM. Pada kesempatan ini, Fadhly menjelaskan segala bentuk pelayanan publik yang diselenggarakan di Disdukcapil Padang Pariaman, mulai dari pelayanan kantor, pelayanan lapangan, digitalisasi pelayanan, kerjasama pelayanan, inovasi pelayanan dan pelayanan online, termasuk sistem pempublikasiannya, baik melalui website maupun sosial media seperti youtube, facebook, dan instagram.
Fanoeel Thamrin mengatakan bahwa beliau sangat kagum dengan pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Padang Pariaman kepada masyarakat. Sebagai bentuk kekaguman tersebut beliau menganjurkan pengembangan inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Padang Pariaman bisa direplikasi oleh instansi lain, tidak hanya terbatas pada Disdukcapil saja. Inovasi pelayanan yang diberikan dengan digitalisasi pelayanan sangat memudahkan masyarakat. Website Disdukcapil pun sangat lengkap, dan tidak berlebihan jika website Disdukcapil Padang Pariaman harus dijadikan pedoman dan contoh oleh Disdukcapil se-Indonesia.
Beliau juga mengatakan bahwa baru kali ini ia melihat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan pelayanan yang selengkap dan semaksimal ini. Meskipun kantor dalam area yang terbatas, tapi ternyata design tata kantornya sangat modern dan millenials. Beliau yakin jika dilakukan survey tingkat kebahagiaan pegawai pasti hasilnya tinggi, karena kantor bersih, didesain dengan modern, ada coworking space dengan makanan dan minuman yang tersedia dan bisa diambil oleh pegawai kapanpun.
Emida Suparti juga mengatakan hal yang serupa, bangunan Disdukcapil Padang Pariaman tidak luas dan besar, tapi yang membedakan adalah sentuhan yang diberikan, sehingga kantor bisa dibuat lebih modern dan senyaman ini, baik untuk masyarakat maupun pegawainya. Dengan kantor yang nyaman membuat pegawai dan masyarakat betah berlama-lama di dalam ruangan.
Pada closing statement, Fanoeel kembali menekankan bahwa inovasi pelayanan di Disdukcapil Padang Pariaman harus direplikasi oleh semua Disdukcapil, seminimalnya Disdukcapil se-Sumatera Barat.
Inovasi tiada henti,
Bersama bangun integrasi sistem untuk kemajuan negeri.