Nagari Kudu Gantiang Barat, Layanan Masyarakat dengan Tim Yang Kuat
Berita Terkait
- Dikunjungi Kadisdukcapil se Provinsi Bengkulu, Dukcapil Padang Pariaman Beberkan Proses Perubahan0
- Muhammad Fadhly : Layanan Tunggu Dirumah Saja Untuk Menjamin Penduduk Mendapatkan Hak Yang Sama Terhadap Pelayanan Adminduk0
- Suhatri Bur : Layanan Digital Untuk Memberantas Praktek Percaloan0
- Setahun Berjalan, Tercatat 30ribu Lebih Pengguna Layanan Online pada Sistem Dukcapil Padang Pariaman0
- Ikuti Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data Kependudukan Kab/Kota se Sumatera Barat, Disdukcapil bertekad meningkatkan kuantitas OPD yang memanfaatkan Data Kependudukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik 0
- Layanan Tatap Muka Ditutup Sementara, Begini Pelayanan Daring Disdukcapil Padang Pariaman0
- Pegawai Dukcapil Swab Massal, Layanan Tatap Muka Tutup Sementara0
- Tindaklanjut Penilaian Pelayanan Publik, Kemen PANRB `Pelayanan Dukcapil Ceria Harus Direplikasi`0
- Peringati HUT RI ke-75, Disdukcapil Borong Tiga Penghargaan Bupati Padang Pariaman0
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Keterangan Gambar : Fasilitasi Diskusi bersama seluruh Perangkat Nagari Kudu Gantiang Barat
Bentuk fisik kantor tidak menjadi jaminan untuk suatu pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan ditentukan oleh sumber daya manusia yang terlibat dalam pelayanan publik. Walaupun dengan kantor merupakan swadaya dari masyarakat dalam bentuk rumah yang digunakan untuk fasilitas kantor Nagari, tetapi pelayanan publik di Nagari Kudu Gantiang Barat menunjukkan kualitas yang baik. Layanan administrasi kependudukan melalui layanan Nagita (nagari go digital) di KGB adalah tertinggi di Kecamatan V Koto Timur dan termasuk dalam level atas di Kabupaten Padang Pariaman.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly. S, AP, MM berkenan melakukan fasilitasi pembinaan ke Nagari KGB pada Selasa, 15 September 2020. Dalam agenda di KGB Kadis melakukan diskusi dengan seluruh perangkat Nagari yang difasilitasi oleh Sekretaris Nagari Beni Susilo, S.Pd. Diskusi yang berjalan hangat dimulai dengan topik terkait dengan warna yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Salah satu warna menarik adalah warn kuning yang menjadi kesukaan Dewi Amira, Kasi Pemerintahan. Menurut Muhammad Fadhly, warna kuning adalah warna yang penuh semangat dan selalu membikin suasana baru, yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh seluruh perangkat Nagari.
Diskusi berlanjut dengan topik tentang pentingnya data kependudukan, yang dimulai dengan tiga pertanyaan kritis oleh Dewi Amira. Sebagai Kasi Pemerintahan, hal sering dihadapi adalah sering terjadinya perbedaan data kependudukan antara satu anak dengan anak lain dalam keluarga, yaitu perbedaan nama ayah. Kedua, adanya warga yang pulang dari rantau tanpa membawa surat pindah, ketiga terkait dengan data ganda dan warga sulit untuk mengurus proses validasi ke Dukcapil karena faktor ekonomi. Terkait dengan pertanyaan tersebut, Muhammad Fadhly menguraikan secara rinci teknis dan tatacara pelayanan administrasi kependudukan. Termasuk solusi pengembangan inovasi untuk pelayanan data bagi masyarakat yang sulit ekonomi melalui Dukcapil kunjungan rumah dalam penyelesaian data bermasalah.
Muhammad Fadhly melanjutkan diskusi dengan tugas fungsi dari masing-masing aparatur Pemerintah Nagari dalam membangun pelayanan publik yang berkualitas. Pemerintah Nagari merupakan pemegang amanah untuk membawa masyarakat kepada kehidupan yang lebih baik. Sebanyak 15 orang perangkat Nagari yang membantu wali Nagari merupakan penentu arah bagi pencapaian kesejahteraan masyarakat di Nagari. Dari diskusi hangat menunjukkan, Pemerintah Nagari KGB didukung oleh tim kerja yang kuat. Hal ini karena masing-masing kaur, kasi dan staf menunjukkan kekompakan dan tingkat antusias yang tinggi dengan materis diskusi, serta cepat menanggapi setiap lontaran materi diskusi.
Dalam kunjungan Kadis didampingi oleh Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Zulhari, S.Kom, ADB Dukcapil dan Gino Meitulesi. Kunjungan diakhir menjelang waktu ashar, dan rombongan kembali ke Dukcapil melalui rute gerbang barat Nagari KGB melalui Kecamatan V Koto.
Semangat Dukcapil Ceria
Inspirasi Inovasi untuk Kemajuan Negeri