Tindaklanjuti Audiensi Safari Ramadhan, Disdukcapil Turunkan Tim Pelayanan di Korong Terpencil

By DUKCAPIL CERIA 02 Jun 2017, 15:07:00 WIB pengelolaan informasi adminduk

Berita Terkait

Berita Populer

Tindaklanjuti Audiensi Safari Ramadhan, Disdukcapil Turunkan Tim Pelayanan di Korong Terpencil

Tim Safari Ramadhan 24 yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, melakukan kunjungan safari Ramadhan pada hari Jumat, 2 Juni 2017 di Korong Padang Limau, Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto. Mesjid Raya Padang Limau dipadati oleh para jemaah yang menunggu kedatangan tim yang dipimpin oleh Kepala Dinas Dukcapil, Muhammad Fadhly. Hadir bersama tim ini, semua Kepala Bidang dan Kepala Seksi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.



Dalam kunjungannya, tim safari Ramadhan disambut oleh Walinagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Korong Padang Limau adalah wilayah administratif dari Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, dimana Kantor Camat VII Koto juga merupakan wilayah administratif nagari ini. Tapi karena secara geografis dibatasi oleh sungai, korong ini menjadi terpencil. "Oleh karena itu sangat butuh perhatian," ujarnya.
Walikorong Padang Limau, Marlis juga menjelaskan hal serupa. Karena letaknya yang terpencil, beliau berharap agar korong ini menjadi perhatian untuk dibangun terutama sarana prasarana jalan dan jembatan. "Jalan di korong ini kurang memadai, butuh perhatian pemerintah untuk dibangun sehingga masyarakat mendapatkan akses yang mudah untuk membawa hasil produksi pertanian," beliau menjelaskan.


Mengingat aspirasi yang berkembang saat kunjungan tim safari Ramadhan ini, Ketua Tim Safari Ramadhan menjelaskan tentang kepedulian pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk terus membangun prasarana jalan. "Bapak Bupati dan Wakil Bupati sangat konsen dengan pembangunan prasarana jalan, buktinya telah dapat dilihat dengan bertambahnya infrastruktur ini setiap tahun yang sangat penting bagi masyarakat. Oleh sebab itu, aspirasi ini akan kita sampaikan dengan memperhatikan aspek prioritas dan urgensinya. Yang harus diperhatikan adalah masuk dalam Musrenbang," ujar Fadhly menjelaskan.

Ketua Tim Safari Ramadhan dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa Bapak Bupati Padang Pariaman sedang berkonsentrasi untuk pembangunan insfrastruktur pendidikan di kawasan Tarok City. "Rencana pembangunan Kawasan Tarok City jelas sangat bermanfaat bagi daerah kita karena beberapa institusi pendidikan tinggi di Sumbar seperti ISI Padang Panjang, UNP, Politeknik Negeri Padang dan UIN Imam Bonjol, dan beberapa lembaga Diklat akan dibangun disini. Hal ini jelas akan menimbulkan efek ganda kepada peningkatan perekonomian dimasa yang akan datang. Lalu lintas orang dan barang akan semakin banyak, efek ekonominya akan berlipat. Oleh sebab itu butuh dukungan kita bersama untuk kelancaran program ini sehingga pembangunannya bisa dilaksanakan dengan cepat tanpa halangan," jelas Fadhly.

Pada kesempatan tersebut, masyarakat menyampaikan kebutuhannya akan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Karena korong ini jauh dari akses, masyarakat memiliki keterbatasan dalam pengurusan adminduk, baik Kartu Keluarga, KTP-el dan Akte Kelahiran. Karena jumlah Kepala Keluarga yang cukup banyak pada korong ini, masyarakat meminta untuk dilayani ditempat.
"Untuk permintaan penuntasan administrasi kependudukan di korong ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan melakukan pelayanan langsung di mesjid ini pada Selasa 6 Juni 2017. Kami mohon kepada masyarakat untuk menyebarluaskan informasi ini agar masyarakat datang ke tempat pelayanan, semua permasalahan administrasi kependudukan akan kita tuntaskan untuk wilayah ini", ujar Fadhly. Hal ini disambut antusias oleh masyarakat setempat karena jumlah penduduk yang tergolong banyak.