Sukses Ujicoba, Pelayanan \"Pedang Saber Versi 2\" Langsung Jadi Ditempat Akan Digelar Di Wilayah Te

By DUKCAPIL CERIA 20 Nov 2016, 14:44:23 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Sukses Ujicoba, Pelayanan \"Pedang Saber Versi 2\" Langsung Jadi Ditempat Akan Digelar Di Wilayah Te

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, berbagai upaya pelayanan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Pelayanan "pedang saber versi 2" yang dilaksanakan secara online dan langsung jadi ditempat adalah produk layanan baru yang telah dilaksanakan dinas ini semenjak pertengahan tahun 2017 dan telah diujicobakan pada beberapa lokasi pelayanan.

Sukses dengan pelayanan "pedang saber versi 2" yang dilaksanakan di Lubuk Alung beberapa waktu lalu, kali ini Disdukcapil akan melaksanakan pelayanan langsung jadi ditempat di Korong Simpang Tangah, Nagari III Koto Aur Malintang pada hari Kamis sampai dengan Jumat (23-24 November 2017) mulai jam 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Pemilihan lokasi pelayanan didasarkan pada kebutuhan pelayanan masyarakat dan keberadaan jaringan mobile yang merupakan dukungan peralatan untuk pelayanan langsung jadi ditempat.

Dengan target sebanyak 23.106 penduduk di kecamatan IV Koto Aur Malintang, dapat memanfaatkan pelayanan ini untuk pelayanan dibidang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Sebulan yang lalu, Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly bersama tim jaringan dari Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan telah melakukan pengecekan jaringan mobile ke korong Lubuak Kumbuak, korong yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Agam. Pemilihan lokasi ini juga ditargetkan untuk melayani penduduk wilayah perbatasan yang sangat jauh dari pusat pelayanan. "Jika kunjungan dan kebutuhan pelayanan banyak, kita akan menambah hari pelayanan", jelas Muhammad Fadhly saat dikonfirmasi.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Erlinawati menerangkan bahwa pelayanan di Aur Malintang akan mencakup pelayanan Kartu Keluarga dan perubahan-perubahan KK, Perekaman KTP Elektronik, Akte Kelahiran dan Akte Kematian serta Surat Keterangan Pindah WNI. Pelayanan pengaduan juga akan dibuka dan kami sedang mempersiapkan untuk pencetakan KTP-el langsung dilapangan. Jika memungkinkan setelah uji coba kita dalam 2 hari ini, kita akan umumkan untuk pencetakan langsung pada hari tersebut", Erlinawati menjelaskan.

Disdukcapil menghimbau kepada masyarakat untuk mengunjungi tempat pelayanan dan diharapkan dapat menyelesaikan semua permasalahan kependudukan di nagari ini. "Diharapkan pemerintahan kecamatan dan nagari dapat mengumumkan pelayanan ini kepada masyarakat", tegas Muhammad Fadhly.