Dukcapil Padang Pariaman Terima Penghargaan Pelayanan Prima

By DUKCAPIL CERIA 19 Agu 2017, 14:46:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Dukcapil Padang Pariaman Terima Penghargaan Pelayanan Prima

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman kembali menorehkan prestasi membanggakan bidang pelayanan publik di provinsi Sumatera Barat. Dinas ini meraih peringkat pertama pada Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sumatera Barat mengungguli unit pelayanan publik lainnya yang ikut berkompetisi pada ajang yang dilaksanakan secara berkala oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat tersebut. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit sebelum upacara penurunan bendera merah putih di Halaman Kantor Gubernur di Padang, Rabu (17/8/2016). Acara ini turut disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sumatera Barat beserta para undangan dan tamu kehormatan dan semua instansi peserta upacara penurunan bendera.

Disdukcapil Padang Pariaman meraih peringkat pertama Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik melalui seleksi ketat dari Tim Penilai yang terdiri Akademisi, Ombudsman dan Pers serta masyarakat sejak bulan April yang lalu, mengungguli beberapa instansi lainnya seperti RSU Ahmad Mukhtar, beberapa dinas Dukcapil Kab/Kota, pelayanan kecamatan di Pasaman Barat, puskesmas kota payakumbuh dan Dharmasraya dan lebih dari 20 instansi lainnya yang bersaing dalam kompetisi ini.

“Disdukcapil Padang Pariaman membuktikan bahwa berinovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi akan memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat,” kata Gubernur Irwan Prayitno. Orang nomor satu di Sumatera Barat itu juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten dan Kota bisa belajar ke Disdukcapil Padang Pariaman dalam memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan akuntabel dengan menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta fasilitas yang memadai. Selain itu dinas ini juga dilirik sebagai pilot project pembangunan Zona Integritas oleh pemerintah daerah.

Pada kesempatan terpisah, Bupati Padang Pariaman mengungkapkan bahwa Dinas Dukcapil juga sedang disiapkan sebagai pilot project pembangunan Zona Integritas. "Ya, kita sudah mencanangkan pembangunan Zona Integritas dan dinas Dukcapil sebagai instansi yang paling siap saat ini untuk kita terapkan pembangunan Zona Integritas', ungkap Bupati Ali Mukhni.

Menurut Muhammad Fadhly, Kadisdukcapil Padang Pariaman, prestasi yang diraih unit kerja yang dipimpinnya berkat motivasi dari semua pihak terutama dukungan yang diberikan Bupati Ali Mukhni dan Wabup Suhatri Bur untuk selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Selain itu, pembinaan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan slogan "Dukcapil Bisa' turut mendorong percepatan perubahan pola pelayanan ke arah yang lebih baik.
Saat ini, dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman telah menerapkan standar yang lebih baik dalam pelayanan prima dengan membenahi fasilitas pelayanan serta prosedur yang jelas. Pelayanan yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia juga salah satu cara yang sangat didukung oleh masyarakat karena menghemat biaya dan waktu masyarakat dalam mendapatkan dokumen administrasi dasar tersebut. Untuk mendukung transparansi dan peningkatan pelayanan, dinas ini juga membuka layanan pengaduan seluas-luasnya dengan berbagai media diantaranya yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat adalah melalui layanan SMS. Dinas yang pernah mendapatkan prestasi sebagai Terbaik Kedua Nasional dalam program Nasional KTP Elektronik Tahun 2012 ini juga beberapa kali menjadi objek "bencmarking" oleh Pusat Diklat Kemendagri Regional Bukittinggi.

“Seperti kata Bapak Gubernur tadi, kita manfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Ini juga berkat dukungan dari Bapak Bupati, Wabup dan DPRD. Kami di support dengan anggaran,” ujar Jebolan Alumni STPDN Angkatan VI itu.

Ditambahkannya, dinas yang melayani 458.746 penduduk ini memiliki jargon CERIA yaitu Cepat, Efisien, Responsif, Inovatif dan Akuntabel yang diterapkan sejak tahun 2012.

“Semoga penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk masyarakat Padang Pariaman,” kata Mantan Kabag Humas itu menutup pembicaraan.