Wujudkan Nagari Go Digital, Forum Seknag Adakan Bimtek Secara Swadaya

By DUKCAPIL CERIA 28 Nov 2019, 11:45:33 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Wujudkan Nagari Go Digital, Forum Seknag Adakan Bimtek Secara Swadaya

Padang Pariaman, 28 November 2019

Semangat Nagari Go Digital menjadi isu kunci dalam kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan dan Pelaporan Nagari Demi Menuju Nagari Go Digital yang diselenggarakan oleh Forum Sekretaris Nagari se Kabupaten Padang Pariaman. Bimtek dilaksanakan di Hall Saiyo Sakato Pariaman pada Kamis, 28 November 2019. Peserta Bimtek adalah seluruh Sekretaris Nagari dan Kaur Perencanaan dari 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan ini bersifat swadaya dan inisiatif dari anggota Forum Seknag.

seknag swadaya pribadi.jpegNarasumber berasal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman, dan DPMD Kabupaten Padang Pariaman. Inspektorat diwakili oleh Alfian, SE, M.Si , Auditor Inspektorat sedangkan DPMD diwakili oleh Rosiyanti, ST , Kabid Keuangan.

Materi Dinas Dukcapil disampaikan oleh Kabid PIAK, Anda Marzuni, S.Sos, yang memberikan pemaparan tentang kebijakan Nagari go digital, dan Kasi Pendataan Penduduk, Fauzi Al Azhar, S.AP, M.AP, yang menyampaikan evaluasi perkembangan user Dukcapil Ceria Mobile dan aktivitas user Nagari dalam aplikasi si Pakem, serta upaya pengembangan di Nagari.

Antusias peserta untuk menerapkan Nagari go digital menjadi bahan diskusi untuk proses perencanaan dan penganggaran Nagari tahun 2020. Seperti Nagari Sungai Asam memiliki semangat untuk mengembangkan Pojok Dukcapil, sedangkan Nagari Lubuk Alung sudah memasukkan dalam RKP Nagari Tahun 2020 dalam bentuk pembuatan Dukcapil Corner.

Semoga semangat go digital menyebar ke seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman.