Launching ASM, SMPN 1 Sintoga terapkan Absensi Elektronik menggunakan KIA

By DUKCAPIL CERIA 02 Mei 2019, 14:14:43 WIB Pendaftaran Penduduk

Berita Terkait

Berita Populer

Launching ASM, SMPN 1 Sintoga terapkan Absensi Elektronik menggunakan KIA

Padang Pariaman, 2 Mei 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melakukan soft launching Anjungan Siswa Mandiri di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang pada hari kamis tanggal 2 Mei 2019. Anjungan Siswa Mandiri atau disingkat ASM digunakan untuk pengambilan Absen Kedatangan dan Kepulangan Siswa secara elektronik menggunakan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai alat identifikasinya, dan mengirim SMS kepada orangtua siswa yang berisikan jam kedatangan dan kepulangan anaknya. Selain itu, ASM dapat digunakan untuk mengetahui informasi Majelis Guru, Jadwal Ujian, Jadwal Pelajaran, Nilai dan sebagai Alat Survey.

M.Fadhly S, AP MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa “Pentingnya mengikuti perkembangan teknologi baik di dunia pendidikan maupun di dunia pelayanan publik”. Diharapkan dengan adanya ASM ini dapat membantu sekolah, siswa dan orangtua untuk sama-sama  dalam menjaga mutu pendidikan.

Acara ini dihadiri pula oleh Ketua Penggerak PKK, Ny. Rena Ali Mukhni. Beliau menyampaikan bahwa “Dunia anak harus dipenuhi oleh pendidikan yang baik, dimana peningkatan pendidikan keagamaan seiring dengan perkembangan teknologi”. Selain Acara Launching ASM juga dilakukan acara Khatam Qur`an Siswa SMPN 1 Sintoga.  

SMPN 1 Sintoga mendapat Juara 1 UKS tingkat Kabupaten pada tahun 2018, dan mendapatkan juara harapan di tingkat Provinsi. Maka, pada acara ini juga dilakukan Kampanye Say No to Plastic guna mengurangi penggunaan plastik dan menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi SMP se-Kabupaten Padang Pariaman lainnya yang ingin memanfaatkan ASM di sekolahnya, maka syarat yang harus dipenuhi adalah 100% kepemilikan Akta Kelahiran. Jadi, mari manfaatkan Ajek (Antar Jemput Dokumen Kependudukan) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk penjemputan berkas pengurusan Akta Kelahiran ke Sekolah-Sekolah. Sehingga ASM berbasis tekhnologi informasi dapat di terapkan di seluruh SMP yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.