Pasca Cuti Lebaran, Ini 5 Hal Yang Ditekankan Muhammad Fadhly Bagi ASN Disdukcapil

By DUKCAPIL CERIA 11 Jun 2019, 14:05:16 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Pasca Cuti Lebaran, Ini 5 Hal Yang Ditekankan Muhammad Fadhly Bagi ASN Disdukcapil

Padang Pariaman, 11 Juni 2019.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus berkonsentrasi membenahi pelayanan publik yang dimanfaatkan oleh lebih dari 400 riu penduduk kabupaten Padang Pariaman. Pasca cuti Hari Raya Idul Fitri 1440 H, pelayanan yang selalu meningkat dari biasanya menunjukkan bahwa antusias masyarakat yang tinggi terhadap pelayanan. Oleh sebab itu, petugas harus memikirkan cara-cara yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar bisa berjalan dengan baik.

Dinas Dukcapil Padang Pariaman yang berada di posisi berkategori A dalam pelayanan publik dari Kemenpan dan RB, terus membenahi cara-cara tersebut agar lebih inovatif dan kekinian. Oleh arena itu, Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly memberikan perhatian kapada kemampuan sumber daya manusia Disdukcapil secara berkesinambungan.

Berikut ini adalah 5 hal menjadi penekanan Muhammad Fadhly bagi ASN Disdukcapil untuk menghasilkan kinerja yang baik :

  1. Memberikan keteladanan dilingkungan kerja

ASN harus bisa memberikan keteladanan bagi lingkungannya, pejabat dengan eselon paling tinggi sekalipun. Disaat seorang atasan menuntut disiplin kepada bawahan, maka dia harus menjadi orang pertama yang menjalankan disiplin. Begitu juga dengan hal akuntabilitas keuangan, mentatati aturan, SOP dan sebagainya.

  1. Bekerja keras tanpa harus tersekat hirarki jabatan

ASN harus mampu bekerja tanpa harus terhalang oleh hirarki yang membatasi kreatifitas. Ditengah menurunnya kinerja terutama dikalangan pegawai senior, ditengarai oleh Muhammad Fadhly bahwa salah satu penyebabnya adalah sekat hirarki yang membatasi antara atasan dan bawahan. Hal ini menjadi penyebab seorang atasan merasa tidak pantas mengetik, tidak pantas memungut sampah, tidak pantas mengangkat kursi dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan pekerjaan tertumpu kepada orang-orang tertentu, sementara di segmen yang lain kekurangan pekerjaan, terutama atasan. Padahal sebenarnya, atasan bisa mengerjakan hal-hal yang senang menumpuk yang dihadapi bawahannya. “Ini juga salah satu bentuk membangun tim kerja dan ini adalah cara kerja millenial”, telas Muhammad Fadhly.

  1. Bekerja Kreatif

Muhammad Fadhly menegaskan agar kreativitas menjadi hal utama untuk membuat cara baru dalam menangani masalah dalam tugas. Membuat sesuatu yang tidak seperti biasanya, akan menjadikan pekerjaan semakin bernilai dan tidak “business as usual” serta monoton. “Hal-hal baru yang dibuat dalam pelayanan selama ini harus terus dikembangkan dengan kreatif”, jelas Muhammad Fadhly.

  1. Membuat Suasana kerja yang nyaman

Membuat susana kerja menjadi nyaman harus dilakukan karena sepertiga dari hidup ASN ada dikantor. 8 jam perhari, atau 4 bulan dalam setahun. Oleh karenanya, membuat lingkungan kerja nyaman dan menyenangkan, dengan penataan yang apik adalah hal yang benar dan sangat disarankan. Hal ini akan mendukung kinerja pegawai karena senang dalam bekerja dengan lingkungan yang nyaman. Oleh karenanya, Disdukcapil saat ini juga telah membangun suasana kerja yang menyenangkan secara bertahap dan memberikan kesempatan yang luas bagi staf untuk berkreasi pada lingkungan kerjanya seperti menata meja, dinding, taman dan sebagainya.

  1. Mengembangkan diri.

ASN Disdukcapi juga diminta oleh Muhammad Fadhly untuk mampu mengembangkan diri dengan cara membaca literatur kekinian, mengikuti cara-cara bekerja milenial dan menerapkannya dalam pelayanan. Selain itu, pengembangan diri juga dimaksudkan untuk bisa memberi inspirasi bagi pegawai lain dengan cara membagi ilmu baru dalam kreativitas bekerja. Kadisdukcapil memberikan kesempatan bagi stafnya untuk menjadi pembicara dalam lingkungan sendiri, sebagai upaya untuk pengembangan diri.

 

5 hal diatas menjadi penekanan Kadisdukcapil Muhammad Fadhly pada saat pertemuan dengen staf, sebagai penakanan dan motivasi pasca cuti Idul Fitri 1440 H.