Lagi, Dukcapil Ceria Tambah 14 Nagari Pilot Project Berikutnya

By DUKCAPIL CERIA 25 Nov 2019, 11:53:48 WIB inovasi pelayanan
Lagi, Dukcapil Ceria Tambah 14 Nagari Pilot Project Berikutnya

Padang Pariaman, 25 November 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah menetapkan kebijakan Nagari Go Digital dengan mengembangkan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi Si Pakem. Untuk percepatan pelaksanaan kebijakan Nagari Go Digital dilakukan melalui pengembangan layanan cetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Nagari dengan menetapkan 10 Nagari pilot project. (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari).

Sebagai kelanjutan dari kebijakan Nagari Go Digital, Dinas Dukcapil sudah menetapkan 14 Nagari prioritas berikutnya untuk layanan cetak dokumen di Kantor Nagari. Nagari yang masuk dalam prioritas berikutnya adalah ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan user aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aktivitas user Nagari dalam pengelolaan aplikasi si Pakem. Perkembangan user Dukcapil Ceria Mobile dilihat melalui list user melalui admin aplikasi serta untuk aktivitas user Nagari dalam aplikasi si Pakem dilihat melalui menu dash board si Pakem.

Nagari dengan jumlah user Dukcapil Ceria Mobile paling tinggi adalah Nagari Katapiang, dan mengalahkan jumlah user tertinggi dari 10 Nagari pilot project. Nagari dengan tingkat perkembangan user paling cepat adalah Bisati Sungai Sariak dan Koto Dalam Selatan. Sedangkan Nagari dengan tingkat aktivitas user Nagari paling tinggi dalam aplikasi si Pakem adalah Nagari Guguak.

14 nagari pilot project 2.jpeg

Nagari prioritas layanan cetak dokumen yaitu: Batu Kalang dan Koto Dalam Kecamatan Padang Sago, Bisati Sungai Sariak Kecamatan VII Koto, Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Guguak Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kasang dan Katapiang Kecamatan Batang Anai, Koto Tinggi Kecamatan Enam Lingkung, Lubuk Alung dan Pungguang Kasiak Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung, Pilubang Kecamatan Sungai Limau, Sicincin Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, dan Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis.

Sebagai persiapan untuk layanan cetak dokumen di 14 Nagari prioritas, Dinas Dukcapil mengadakan fasilitasi percepatan layanan kepada Pemerintah Nagari. Kegiatan fasilitasi dilaksanakan di ruangan prisma Dukcapil Ceria pada Jumat siang, 22 November 2019. Fasilitasi dihadiri oleh Wali Nagari, Sekretaris Nagari serta perangkat Nagari yang telah dilatih dalam penggunaan aplikasi (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial)

Dalam sambutannya Kadis Dukcapil menyampaikan arah kebijakan pengembangan Nagari digital di Kabupaten Padang Pariaman. Sesuai dengan perkembangan kebijakan mewujudkan Smart Nagari dan program Go Digital, maka Dinas Dukcapil menyusun program terarah agar menghasilkan progres yang terukur. Oleh sebab itu, pembinaan Nagari Go Digital dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu :

  1. Nagari Go Digital Pemula
  2. Nagari Go Digital Madya
  3. Nagari Go Digital Lanjut
  4. Nagari Go Digital Prima

14 nagari pilot project 3.jpeg

Setiap kategori harus memenuhi kriteria tertentu yang akan disosialisasikan lebih lanjut dan akan dilakukan asistensi oleh Dinas Dukcapil untuk pencapaiannya.

Dengan telah ditetapkan 14 Nagari prioritas layanan cetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Nagari, maka sudah ada 24 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman yang bisa melakukan cetak dokumen tanpa harus datang ke Kantor Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman yang berada di wilayah Kota Pariaman.

Semoga 24 Nagari ini bisa menjadi pionir penerapan kebijakan Nagari digital di Kabupaten Padang Pariaman.