Pemberian Reward, Cara Cerdas Peningkatan Kualitas

By DUKCAPIL CERIA 20 Mei 2020, 09:12:00 WIB inovasi pelayanan
Pemberian Reward, Cara Cerdas Peningkatan Kualitas

Padang Pariaman, 20 Mei 2020

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai organisasi pembelajar telah melalui metamorfosis sehingga bisa berkembang maju seperti saat ini. (Baca: Evaluasi Awal 2020, Dukcapil Ceria Komitmen Menjadi Organisasi Pembelajar) Perkembangan tersebut dengan didukung penerapan konsep human resources management (HRM) secara aktual. Sebagai bentuk dari penerapan HRM tersebut, Dukcapil Ceria memberikan reward terhadap pegawai non Aparatur Sipil Negara dalam bentuk penilaian kinerja yang objektif. Penilaian dilakukan secara berkala dan pemberian reward dilakukan setiap bulan, dengan pemberian bonus senilai Rp. 500.000 per orang. Penerapan reward ini berhasil meningkatkan motivasi kerja yang berdampak terhadap kinerja organisasi Dukcapil Ceria.

Pemberian reward pada bulan April 2020 mengukuhkan bahwa pelaksanaan kebijakan ini sejalan dengan penerapan Work From Home (WFH) terhadap Back Office Team (BOT) layanan Nagari Go Digital Administrasi Kependudukan (Nagita). Layanan nagita dan kebijakan WFH menuntut bekerja secara cerdas, cepat, dan tepat. Layanan nagita menuntut BOT untuk cerdas menganalisas setiap persoalan dalam pengajuan pelayanan, melakukan proses dengan cepat serta mengambil keputusan dengan tepat. Kondisi tersebut karena BOT bekerja dari rumah, kesempatan untuk berkonsultasi secara langsung dengan pengambil kebijakan di Dukcapil Ceria sangat terbatas. Pada sisi lain layanan harus memenuhi standar operasional dan prosedur yang memiliki batasan waktu untuk setiap proses layanan.

Kebijakan WFH yang sudah diterapkan sebelum pandemi Covid19 terus berlanjut sampai saat ini memberikan peningkatan kinerja terhadap layanan Nagita. BOT bisa bekerja dengan fleksibilitas waktu terhadap pelaksanaan pelayanan dan waktu bersama keluarga. Fleksibilitas waktu tersebut tidak mengganggu kinerja, tetapi bisa melebihi kinerja BOT dengan status Work From Office (WFO). Sehingga memberikan bukti secara berturut-turut bulan Maret - April BOT Hermadila Sari menjadi peraih reward. Penerima reward bulan April adalah Hermadila Sari dan Fityuliana Sarmila.

Semangat Dukcapil Ceria

Inspirasi Prestasi untuk Kinerja Tinggi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment