Fasilitasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Nagari
Berita Terkait
- Bangun Transparansi, Disdukcapil Padang Pariaman Libatkan Pemangku Kepentingan Dalam Evaluasi Standar Pelayanan0
- Tindaklanjut Bimtek Bapenda, Samsat Kota Pariaman Kunjungi Dukcapil Ceria0
- Dukcapil Ceria Terima Kunjungan Tim Disdukcapil Batu Bara0
- Disdukcapil Padang Pariaman Mulai Terapkan SIAK Terpusat 0
- Jajaran Bapenda Serap Informasi Best Practice dari Dukcapil Ceria0
- Kolaborasi DPMD Dukcapil Ceria, Untuk Padang Pariaman Berjaya0
- Komite Etika, Untuk Integritas Dukcapil Ceria0
- Kepala Disdukcapil Berbagi Inspirasi Inovasi dalam Rakor Dukcapil Provinsi0
- Replikasi Inovasi Nagita, Bupati Solsel Kunjungi Dukcapil Ceria0
- Disdukcapil Padang Pariaman kembali Raih Penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dari Menteri PAN dan RB0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Dinas Dukcapil Padang Pariaman melalui Kabid Dafduk Fauzi Al Azhar dan Staff Dukcapil Ricky Taratak Abkj Andrie melakukan fasilitasi pembinaan pelayanan administrasi di Lareh Nan Panjang Nagari dan Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak. Kegiatan dimulai dari diskusi evaluasi penerapan layanan administrasi kependudukan secara daring melalui kebijakan Nagari Go Digital (Nagita). Perangkat Nagari berkesempatan menyampaikan permasalahan administrasi kependududkan di Nagari. Di antaranya pendataan penduduk untuk status perkawinan belum tercatat.
Dalam diskusi juga dibahas tentang pengelolaan administrasi kependudukan dengan keluaran data kependudukan Nagari yang akurat. Pencapaian tujuan data kependudukan Nagari secara akurat dapat dilakukan melalui optimalisasi tupoksi perangkat Nagari dan kerjasama dengan pemangku kepentingan . Diantara pemangku kepentingan yang perlu ditingkatkan perannya diantaranya kader posyandu, kader pemberdayaan masyarakat, kelompok pemuda, majlis taklim, dll.
Peran pemangku kepentingan sangat diperlukan dalam menyukseskan Kebijakan kantor Nagari sebagai pusat pelayanan publik yang membahagiakan masyarakat. Termasuk dalam mendukung kelancaran pelaksanaan kebijakan Dukcapil Go Nagari. Kebijakan ini fokus kepada pelayanan KTP-el, pelayanan KIA, pelayanan pindah data pulang abih, dan fasilitasi penerapan aplikasi digital kependudukan.
Bahasan dilanjutkan dengan pengelolaan arsip adminduk dengan baik. Meliputi arsip manual dan arsip digital. Termasuk media penyimpanan arsip, serta kemudahan akses arsip bagi semua perangkat Nagari. Terakhir tim melakukan cek pengelolaan arsip Nagari