Fasilitasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Nagari

By DUKCAPIL CERIA 12 Jul 2022, 14:00:00 WIB pemanfaatan data kependudukan
Fasilitasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Nagari

Dinas Dukcapil Padang Pariaman melalui Kabid Dafduk Fauzi Al Azhar dan Staff Dukcapil Ricky Taratak Abkj Andrie melakukan fasilitasi pembinaan pelayanan administrasi di Lareh Nan Panjang Nagari dan Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak. Kegiatan dimulai dari diskusi evaluasi penerapan layanan administrasi kependudukan secara daring melalui kebijakan Nagari Go Digital (Nagita). Perangkat Nagari berkesempatan menyampaikan permasalahan administrasi kependududkan di Nagari. Di antaranya pendataan penduduk untuk status perkawinan belum tercatat.

Dalam diskusi juga dibahas tentang pengelolaan administrasi kependudukan dengan keluaran  data kependudukan Nagari yang akurat. Pencapaian tujuan data kependudukan Nagari secara akurat dapat dilakukan melalui optimalisasi tupoksi perangkat Nagari dan kerjasama dengan pemangku kepentingan . Diantara pemangku kepentingan yang perlu ditingkatkan perannya diantaranya kader posyandu, kader pemberdayaan masyarakat, kelompok pemuda, majlis taklim, dll.
Peran pemangku kepentingan sangat diperlukan dalam menyukseskan Kebijakan kantor Nagari sebagai pusat pelayanan publik yang membahagiakan masyarakat. Termasuk dalam mendukung kelancaran pelaksanaan kebijakan Dukcapil Go Nagari. Kebijakan ini fokus kepada pelayanan KTP-el, pelayanan KIA, pelayanan pindah data pulang abih, dan fasilitasi penerapan aplikasi digital kependudukan.

Bahasan dilanjutkan dengan pengelolaan arsip adminduk dengan baik.  Meliputi arsip manual dan arsip digital. Termasuk media penyimpanan arsip, serta kemudahan akses arsip bagi semua perangkat Nagari. Terakhir tim melakukan cek pengelolaan arsip Nagari