Layanan Khusus Bagi Lansia, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, dan Ibu Banyak Anak

By DUKCAPIL CERIA 10 Sep 2017, 14:30:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Layanan Khusus Bagi Lansia, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, dan Ibu Banyak Anak

Dokumen Kependudukan sangat penting bagi masyarakat baik itu e-KTP, KK, AKTA, ataupun dokumen lainnya. Hal ini membuat masyarakat semangat mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk pengurusan dokumen tersebut, meskipun dalam keadaan yang tidak cukup leluasa bergerak seperti yang dialami oleh ibu yang sedang hamil, ibu menyusui, ibu membawa banyak anak, maupun lansia.

Hal ini menjadi perhatian khusus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Seperti yang dikatakan ibu Erlinawati selaku Kabid Pelayanan Dafduk “Layanan ini memberikan kemudahan pengurusan bagi masyarakat yang datang kesini khususnya ibu hamil, ibu menyusui, ibu membawa anak banyak, maupun lansia”. Kami juga menyediakan kursi tunggu khusus untuk masyarakat yang menunggu di loket pengaduan. “kami berharap masyarakat menyambut baik layanan khusus ini”, kata M.Fadhly selaku Kepala Dinas menambahkan .

Untuk pengurusan dokumen melalui jalur ini dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, meminta nomor antrian khusus lansia/ibu menyusui/ibu banyak anak/ibu hamil, selanjutnya menunggu panggilan nomor antrian di loket pengaduan,  memberikan berkas, setelah itu petugas kami akan menyilakan masyarakat tersebut untuk menungu di tempat duduk khusus lansia prioritas, tahapan terakhir dari proses ini yaitu masyarakat tinggal menunggu berkas sampai selesai. Kelebihan dari layanan ini adalah masyarakat hanya perlu datang ke satu loket (loket pengaduan) untuk pemberian berkas ataupun pengambilan berkas yang telah selesai.

Diharapkan dengan adanya layanan khusus ini, membuat  masyarakat semakin semangat melakukan pengurusan dokumen secara langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.

 

(Roza Marmay, Kontributor Berita Dukcapil)