Evaluasi Internal Dukcapil Ceria, Apel Pagi Dialihkan ke Prisma Room

By DUKCAPIL CERIA 19 Nov 2019, 11:57:38 WIB inovasi pelayanan
Evaluasi Internal Dukcapil Ceria, Apel Pagi Dialihkan ke Prisma Room

Padang Pariaman, 19 November 2019

Briefing 19 November 2.jpegTim Dukcapil ceria alihkan apel pagi hari ini ke Prisma Room, Selasa, 19 November 2019. Pada kesempatan kali ini, dilakukan rapat koordinasi, evaluasi internal dan teamwork buiding. Setelah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB dan Kementerian Kesehatan, Kadisdukcapil untuk pertama kalinya mengucapkan secara resmi apresiasi kepada seluruh pegawai atas semua kontribusi dan dedikasi yang diberikan, Kadisdukcapil juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten mengucapkan terimakasih atas semua kerja keras pengawai dukcapil ceria.

Beberapa hal yang menjadi evaluasi dan perhatian, pada briefing hari ini diantaranya:

1. SDM Bintang Lima

Maksudnya setiap pegawai dukcapil berstandar sama, dan dimanapun posisinya cara kerja dan inovasi harus berbintang lima, karena apa yang dicapai adalah karena hasil cara bekerja bersama-sama, bukan kerja sendiri-sendiri. Setiap pegawai harus mengerjakan posisinya dengan sebaik mungkin, hingga kemudian hasil yang didapatkan maksimal. Selain itu, pegawai juga dibekali agar tidak menjadi “botol penuh” yang tidak mau menerima masukan dari orang lain dan selalu merasa diri cukup dan benar sendiri.

Briefing 19 November 3.jpeg2. Setiap posisi pegawai di dukcapil itu penting

“Setiap teman-teman di kantor ini adalah orang penting apapun posisinya” ujar Kadisdukcapil. Setiap posisi memiliki urgensi masing-masing, sehingga satu posisi saja yang hilang akan menimbulkan pengaruh yang signifikan. Tidak ada perbedaan posisi entah itu operator, petugas semuanya memiliki kontribusi yang positif untuk kantor.

3. Pembenahan ruangan (instagramable)

Beberapa spot di kantor dukcapil menjadi perhatian untuk dilakukan perombakan dan menghasilkan ruangan yang lebih nyaman, terstruktur, dan instagramable. Kebersihan dan kewangian ruangan juga menjadi highlight pada poin ini. Setiap individu juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga kebersihan di lokasi masing-masing. Sehingga tidak ada lagi yang tidak terperhatikan.

4. Pemaksimalan posisi pegawai (pengalihan beberapa posisi)

Dilakukan pentransferan SDM dari satu posisi ke posisi lain yang dianggap untuk saat ini lebih dibutuhkan, karena keterbatasan anggaran dan belum bisa menambah pegawai, sehingga dilakukan penstrukturan ulang beberapa posisi untuk memaksimalkan program, tanpa mengesampingkan program lainnya.

Briefing 19 November 5.jpeg

5. Mulai tahun depan petugas pelayanan akan membantu masyarakat dalam proses cetak dokumen secara mandiri. Petugas hanya memberi QR Code, kepada masyarakat sehingga nantinya masyarakat sendiri yang menggunakan mesin pencetakkan yang akan diletakkan di luar. Petugas memandu masyarakat dalam proses cetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. (Baca:Berikan Briefing Dukcapil Ceria Go-Digital kepada Petugas Internal Dukcapil, Kadisdukcapil jelaskan kedepannya akan dibuat QR Code)

6. Bidang Inovasi membuat salam yang akan diucapkan setiap bertemu masyarakat, pra dan pasca, baik saat pertama bertemu maupun ketika masyarakat akan pulang.

7. Pemaksimalan website dengan melengkapi dokumen-dokumen penting yang belum dipublish, agar nantinya masyarakat yang memerlukan informasi hanya perlu mendownload dari website. Tanpa kesulitan mencari dan meminta langsung pada internal dukcapil.

8. Pengevaluasian layanan pengaduan terkait pindah datang penduduk, yang memiliki potensi keterlambatan karena koordinasi balasan yang kurang dari daerah lain.