Melahirkan di Rumah Sakit Aisyiah Pariaman? Ajek Siap Mengantarkan Akte Kelahiran Anda Untuk Langsun

By DUKCAPIL CERIA 24 Agu 2017, 14:30:00 WIB inovasi pelayanan
Melahirkan di Rumah Sakit Aisyiah Pariaman? Ajek Siap Mengantarkan Akte Kelahiran Anda Untuk Langsun

Akte kelahiran, dokumen yang selalu menjadi persyaratan penting untuk berurusan di berbagai pusat pelayanan publik. Karena perannya yang sangat penting, seringkali masyarakat mengurusnya disaat-saat dokumen tersebut diperlukan dan ingin cepat selesai, suatu gejala yang berkembang ditengah-tengah masyarakat sampai saat ini. Oleh sebab itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meluncurkan program baru bekerjasama dengan para pihak untuk membantu masyarakat agar lebih cepat mendapatkan dokumen kependudukan.

"Program ini kami namakan ALPA BETA, (Anak Lahir Pulang Bersama Akta) yang didukung oleh AJEK (Antar Jemput administrasi Kependudukan),"terang Muhammad Fadhly, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.
Lantas, bagaimana program ini diluncurkan? Kasi Kelahiran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, M. Devid, S.STP menjelaskan bahwa program ini telah dipersiapkan perencanaannya sejak tahun 2016 dan telah di softlaunching pada awal tahun 2017. "Setelah itu kami mempersiapkan sarana dan prasarananya beserta SOP pada masing-masing stakeholder yang terlibat dalam program ini. Saat ini sudah berjalan dan kita terus membenahi prosesnya agar semakin sempurna dan menambah kerjasama dengan puskesmas-puskesmas. Klinik Aisyiah Pariaman adalah salah satu mitra kami untuk program ini. Siapa yang melahirkan di klinik Aisyiah, nanti petugas klinik akan memproses administrasinya, proses selanjutnya berjalan dan kami akan mengantarkan akte kelahiran anak yang baru lahir sebelum mereka pulang ke rumah," ujar M. Devid menjelaskan.

Ajek LogoProgram ini adalah inovasi pejabat eselon IV pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memang diwajibkan untuk terus membenahi setiap sarana yang dapat mendukung pencapaian target pelayanan akte kelahiran maupun KTP Elektronik. Program ini kemudian dikembangkan dengan 25 Puskesmas dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kerjasama dengan klinik swasta manapun yang melakukan peyananan persalinan.

Bupati Padang Pariaman sebelumnya menjelaskan bahwa program ini sangat didukung oleh pemerintah daerah. "Bahkan kita akan menambah sepeda motor A-jek sesuai kebutuhan. Yang penting pelaksanaan pelayanan dapat ditingkatkan terus menerus," ujar Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun ini meluncurkan beberapa program baru, selain Alpa Beta dan Ajek yaitu Dukcapil Weekend Service, Mitra PMI dan Kadoku KTP-elektronik bagi siswa siswa SMA.