DUA TAHUN NAGITA, Dari Nagari Melintasi Provinsi
Rangkaian HUT Nagita Penuh Rangkaian Agenda

By DUKCAPIL CERIA 23 Nov 2021, 12:44:00 WIB inovasi pelayanan
DUA TAHUN NAGITA, Dari Nagari Melintasi Provinsi

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Padang Pariaman menandatangani Mou dengan Walikota Dumai dalam rangkaian acara HUT Inovasi Nagita


Parit Malintang-, Hari ini Selasa 23 November 2021 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Pariaman menyelenggarakan perhelatan Hari Ulang Tahun inovasi pelayanan administrasi kependudukan Nagari Go Digital (Nagita). Peringatan dilakukan di Hall Ibukota Kabupaten (IKK) di Parik Malintang. Rangkaian acara terdiri dari pertama, peringatan ulang tahun inovasi layanan; kedua, penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Bupati, Padang Pariaman dengan Wali Kota Dumai; ketiga pencanangan Pekan Dukcapil Sumatera Barat dengan lokus Padang Pariaman; keempat penyerahan baju Pos untuk admin layanan Nagita.

Dengan penandatanganan MoU ini, layanan Nagita yang berkembang melalui kolaborasi bersama Pemerintah Nagari telah menginspirasi kepada daerah lain. Layanan nagita telah melintasi provinsi. Berkembang dari pantai barat sumatra, dan melintasi provinsi ke pantai timur Sumatra, tepatnya di Kota Dumai.

Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang,MM  menghadiri rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Inovasi NAGITA. Dalam sambutannya Rahmang menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat mengapresiasi kinerja dan pengembangan inovasi oleh Disdukcapil yang telah memberikan motivasi layanan yang membahagiakan masyarakat serta menjadikan pemerintah hadir ditengah masyarakat.

"Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melakukan pengembangan inovasi layanan dalam jaringan (daring) untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Layanan ini berkembang secara masif melalui kolaborasi bersama pemerintah desa/nagari serta dukungan kebijakan teknis dari Dinas Kominfo dan DPMD,"tuturnya   

Ia juga menambahkan dalam dua tahun perkembangan Nagita telah membawa wajah pelayanan publik di Padang Pariaman. Kantor walinagari menjadi ramai. Kondisi menuntut pembenahan semua aspek pelayanan publik di nagari. Sehingga kantor nagari menjadi pusat pelayanan publik yang membahagiakan masyarakat. Tidak hanya itu, kantor nagari harus menjadi pusat pembelajaran, baik bagi penduduk nagari maupun masyarakat di luar. Efek perubahan layanan kantor nagari beberapa kantor nagari di Kabupaten Padang Pariaman menjadi sasaran untuk studi komparatif dari luar, bahkan referensi untuk proses penyusunan kebijakan.

“Melalui proses kolaborasi bersama nagari, masyarakat yang berurusan cukup sampai di kantor nagari saja sehingga tidak perlu datang ke kantor dukcapil dan tidak ada lagi alasan untuk tidak mengurus dokumen kependudukan” ujar Rahmang.

Dalam laporannya Kepala dinas Dukcapil M. Fadly,S.AP.MM  menyebutkan tujuan adanya  aplikasi NAGITA ini adalah untuk memberikan layanan administrasi yang tidak berbelit –belit, mudah di akses dan untuk menghindari pungli yang sering terjadi tengah masyarakat. Saat ini sudah tersedia 103 layanan online yang tersebar di Nagari/Desa di Kabupaten Padang Pariaman.

“Replikasi inovasi diharapkan memberi manfaat kepada banyak pihak agar lebih banyak memberi kemudahan kepada masyarakat dan menghilangkan kesenjangan layanan publik antara kota dan desa dan Kami juga menguacapkan terimakasih kepada pihak Nagari yang telah membantu mewujudkan NAGITA sehingga dapat di akses oleh seluruh lapisan masyarakat dan membantu masyarakat untuk mengurus keperluan dokumen kependudukan”ujarnya.

 

Fadly juga menyampaikan terimakasih untuk semua pihak yang telah bekerjasama pada berbagai aspek, khsusunya Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman, DMPD, dan PT Pos Indonesia atas terwujudnya Nagari Go Digital.

Mewakili Walikota Dumai Muhammad Syafi’I,S.Sos.M.Si selaku asisten administrasi umum menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kesediaan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mereplikasi NAGITA untuk diterapkan di Dumai.

“Kami selaku Pemerintah Kota Dumai Berterimakasih untuk penandatanganan MoU ini karena dapat memudahkan kegiatan pencatatan dokumen kependudukan dan sehubungan dengan adanya interaksi antara dua daerah ini terus menciptakan inovasi terbaru baik dari berbagai sektor” tutupnya.

Rangkaian ini juga dilakukan pencanangan Pekan Dukcapil Provinsi Sumatera Barat dengan lokus di Padang Pariaman. Dinas Dukcapil Provinsi menetapkan Solok Selatan dan Padang Pariaman sebagai lokus pekan Dukcapil Sumatera Barat Tahun 2021. Pencanangan dilakukan dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati didampingi oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Barat.

Sebelum acara penutupan, PT POS Indonesia Cabang Pariaman menyerahkan baju untuk admin layanan Nagita di Nagari. Penyerahan simbolis dilakukan melalui pemasangan kepada perwakilan admin Nagita dari Nagari Balah Aie dan Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu. Pemasangan untuk admin Balah Aie oleh Kepala Cabang Pariaman Roza Matra, sedangkan untuk Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu oleh Wakil Bupati.

Acara ini ditutup dengan pemotongan kue oleh Wakil Bupati Padang Pariaman beserta tamu undangan serta pemukulan gong sebagai tanda peresmian dukcapil tingkat Sumatra Barat di Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kabupten Padang Pariaman beserta jajaran, Staff Ahli , Asisten, kepala perangkat daerah se Kabupaten Padang Pariaman, ketua GOW Yusneli Rahmang, Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi Sumatra Barat Putri Reno Sari, Kepala kantor PT Pos Indonesia cabang Pariaman Roza Matra, SE.AKT,  Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Alung, Camat se kabupaten padang pariaman, kepala KUA, kepala Puskesmas dan Walinagari Se kabupaten Padang Pariaman, dan admin nagita Se kabupaten padang pariaman dan Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Alung.