Narasumber pada Musrenbang Kota Pematang Siantar, Fadhly : Inovasi Akan Sukses Jika Dikelola Dengan Serius

By DUKCAPIL CERIA 31 Mar 2021, 15:17:00 WIB inovasi pelayanan
Narasumber pada Musrenbang Kota Pematang Siantar, Fadhly : Inovasi Akan Sukses Jika Dikelola Dengan Serius

Pematang Siantar, 31 maret 2021
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly berkesempatan memenuhi undangan untuk memberikan materi pada Musrenbang Kota Pematang Siantar, Rabu 31 Maret 2021. Pemerintah Kota Pematangsiantar menyelenggarakan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring dan tatap muka melibatkan berbagai stakeholder, mulai dari masyarakat sampai ke jajaran perguruan tinggi. Selain mengundang narasumber dari pelaku pelayanan publik, Pemerintah Kota Pematang Siantar juga mengundang narasumber dari Kementerian Desa yang bergerak dibidang e-Commerce, DR. Irwansyah Panjaitan.

Bertempat di Ballroom Sapadia Hotel Pematangsiantar, Musrenbang dibuka oleh Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, SE. MM. Dalam sambutannya, Walikota Pematangsiantar menyampaikan tentang visi pemberdayaan masyarakat dan ekonomi dalam masa Covid-19. Musrenbang yang dihadiri oleh lebih kurang 100 peserta dan tamu dengan protokol Kesehatan ini berlangsung dengan keterlibatan peserta yang sangat aktif. Hal ini juga didukung karena panitia menghadirkan narasumber dari kalangan pelaku pelayanan public dan penggerak e-Commerce yang membuat peserta ingin mengetahui lebih dalam tentang materi yang menarik, agar bisa diterapkan di Kota Pematang Siantar pada tahun 2022.

Salah satu peserta yang hadir secara daring dari Universitas Simalungun, Marulam MT Simarmata mengatakan bahwa Musrenbang kali ini berbeda dengan Musrenbang tahun-tahun sebelumnya dan ini merupakan langkah perubahan. Pasalnya, panitia berani mengundang pelaku pelayanan public yang telah berhasil membangun perubahan, dimana hal yang disampaikan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Pematangsiantar saat ini tentang perbaikan layanan public. “Ini merupakan langkah berani, mengundang narasumber yang bisa memberikan contoh perbaikan yang nyata telah dilakukan, berarti Pemerintah Kota Pematangsiantar siap melakukan perubahan pelayanan public seperti itu. Sebelumnya, Musrenbang hanya mengundang narasumber dengan kajian-kajian normative”, terang Simarmata.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Fadhly menyampaikan presentasinya tentang upaya-upaya yang dilakukan untuk merubah wajah pelayanan public yang dilakukan melalui inovasi-inovasi. Inovasi-inovasi yang dilakukan di kabupaten Padang Pariaman tidak terlepas dari dukungan pimpinan, stakeholder terkait dan yang terpenting adalah kemampuan OPD untuk memahami visi sehingga tahu apa yang akan dilakukan melalui inovasi. Fadhly menjelaskan banyak daerah-daerah yang tidak mendapat dukungan untuk berinovasi dari stakeholder, maka kemampuan untuk membangun jejaring kerja juga diperlukan. Apabila semua telah mendukung, maka hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah mengelola inovasi dengan serius.

“Inovasi akan sukses dan menghasilkan outcome apabila dikelola dengan serius”, jelas Muhammad Fadhly. Pengelolaan inovasi secara serius ini dilakukan dengan manajamen yang baik, dimulai dari perancangannya, kelengkapan dokumennya, ujicoba (trial and error), evaluasi dan terus meningkatkan kinerja inovasi tersebut. “Ibarat membangun kapal sambal berlayar, begitulah inovasi harus terus dikembangkan”, jelas Muhammad Fadhly.

Pada saat menyampaikan closing statement, Muhammad Fadhly menyampaikan pengharapannya agar semua steakholder mulai dari pimpinan tertinggi sampai kepada OPD terkait, untuk berkomitmen tinggi mendukung pembenahan pelayanan publik, baik dari segi anggaran maupun perhatian terhadap sumberdaya manusianya. “Komitmen pimpinan adalah hal utama untuk berinovasi dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik”, terang Fadhly.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment