Koto Dalam Selatan, Giat Untuk Masa Depan

By DUKCAPIL CERIA 21 Jul 2021, 17:04:00 WIB Pendaftaran Penduduk
Koto Dalam Selatan, Giat Untuk Masa Depan

Keterangan Gambar : Diskusi bersama Aparatur Pemerintah Nagari Koto Dalam Selatan dan perwakilan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata


Rabu siang, 21 Juli 2021 Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly. S, AP, MM berkenan mengunjungi Nagari Koto Dalam Selatan Kecamatan VII Koto Padang Sago. Dalam agenda kunjungan di Kantor Nagari, Fadhly melakukan diskusi dengan semua aparatur Pemerintah Nagari, dengan fasilitator Kasi Kesra Dewi Ramayanti. Kegiatan ini diikuti oleh Wali Nagari KDS Masywarah, SE, Seknag Firya Sesko, SE, Kasi Pemerintahan Ani, staf perangkat Nagari. Dalam agenda ini secara istimewa keterlibatan dengan aktif dari adik mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) terpadu dari berbagai perguruan tinggi.

 

Diskusi yang berjalan hangat mulai dari isu kependudukan, data kependudukan yang akurat untuk kebijakan yang tepat, serta tingkat kemajuan Nagari yang diukur berdasarkan basis data kependudukan. Fadhly menekankan tentang pentingnya akurasi data kependudukan di Nagari serta upaya untuk menggugah masyarakat untuk sadar dengan administrasi kependudukan.

 

Lebih lanjut Fadhly menjelaskan tentang pentingnya sarana dan prasarana pemerintahan untuk mendukung pelayanan yang berkualitas di Nagari. Wali Nagari menjelaskan telah ada lahan untuk pembangunan kantor. Saat ini pemerintah Nagari sedang menyiapkan desain serta perencanaan anggaran untuk pembangunan Kantor Nagari.

 

Selesai diskusi di kantor Nagari, Wali Nagari Masywarah, SE bersama Kasi Pemerintahan, Ani dan Kasi Kesra, Dewi Ramayanti melakukan peninjauan ke kebun jeruk madu yang dikembangkan oleh keluarga Dewi Ramayanti. Kebun jeruk yang menghasilkan buah ini, sebelumnya dilakukan tumpang sari dengan tanaman pepaya, cabe rawit, dan jahe. Saat ini hasil utama adalah dari jeruk madu.

 

Mengakhiri kunjungan di Nagari KDS, melihat perkembangan pembangunan sarana pembelejaran Pesantren Tahfidz yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Darul Musthofa. Progres pembangunan yang cepat hasil kolaborasi ranah dan rantau dalam pengembangan pusat pembelajaran Quran.

 

Dengan agenda di KDS, menunjukkan Nagari ini giat untuk masa depan. Melalui pembenahan data kependudukan, persiapan pembangunan kantor Nagari, pengembangan sarana pendidikan, pengembangan pertanian melalui pemanfaatan lahan yang ada secara optimal.