Evaluasi Inovasi, Kolaborasi Dukcapil Ceria - Dinkes Fokus Pemantapan Si Pakem

By DUKCAPIL CERIA 23 Jan 2020, 13:15:00 WIB inovasi pelayanan
Evaluasi Inovasi, Kolaborasi Dukcapil Ceria - Dinkes Fokus Pemantapan Si Pakem

Padang Pariaman, 23 Januari 2020

Aplikasi si Pakem (Sistem Pelaporan dan Pencatatan Kelahiran dan Kematian) merupakan kolaborasi inovasi Dukcapil Ceria dan Dinas Kesehatan dalam pengelolaan data kependudukan terkait kelahiran dan kematian. Si Pakem merupakan kebijakan data kependudukan terintegrasi dari mulai Nagari, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan Dukcapil Ceria. Output dari kebijakan data terintegrasi bisa menjadi bahan kebijakan pada bidang kependudukan dan pencatatan sipil serta bidang kesehatan.

Terkait dengan efektivitas aplikasi si Pakem, Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman melalui pengelola teknis aplikasi si Pakem Nur Octavia Syamsul melakukan koordinasi dengan Dukcapil Ceria terkait pengelolaan si Pakem. Koordinasi dilakukan dalam bentuk evaluasi pengelolaan si Pakem pada akhir tahun 2019 dan persiapan kebijakan tahun 2020. Pada akhir november 2019 Dukcapil Ceria dan Dinkes sudah melakukan evaluasi si Pakem. (Baca: Evaluasi Kegiatan, Dukcapil dan Dinkes Fokus Penguatan Si Pakem)

WhatsApp Image 2020-01-23 at 11.00.15.jpeg

Dukcapil Ceria memaparkan beberapa catatan terkait pelaksanaan tahun 2019. Masih ada beberapa pelaporan kematian yang belum dilakukan autopsi verbal (AV). Terkait hal ini perlu dilakukan percepatan pelaksanaan AV sehingga diperoleh data yang komprehensif untuk semua pelaporan kematian. Fokus penguatan berikutnya adalah peran dari puskesmas dan bidan desa dalam proses pelaporan.

Pada tahun 2020, Dukcapil Ceria dan Dinkes fokus untuk penguatan peran puskesmas serta bidan desa. Dinkes akan memetakan puskesmas dan bidan desa terkait tingkat kesiapan dalam peran dan aktivitas pelaporan data. Berdasarkan pemetaan dilakukan pengelompokkan untuk menjadi prioritas peningkatan kapasitas bagi pihak puskesmas dan bidan desa.

Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria…
Dukcapil Ceria inspirasi kolaborasi menciptakan inovasi
kolaborasi untuk kemajuan Negeri.