Inspirasi Inovasi, Memacu Kompetisi Antar Nagari

By DUKCAPIL CERIA 15 Jan 2020, 13:15:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Inspirasi Inovasi, Memacu Kompetisi Antar Nagari

Padang Pariaman, 15 Januari 2020

Semangat inovasi Ducakpil Ceria telah menghasilkan kebijakan Nagari go digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi si Pakem (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial). Inovasi tersebut telah diterapkan pada seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman sejak akhir desember 2019. (Baca: Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman) Semangat inovasi tersebut telah memunculkan iklim kompetisi antar Nagari untuk menciptakan pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas di masing-masing Nagari.

Iklim kompetisi tersebut terlihat dari konsultasi teknis perangkat Nagari Toboh Gadang Timur dan Toboh Gadang ke Dukcapil Ceria pada Rabu, 15 Januari 2020. Nagari Toboh Gadang Timur dan Toboh Gadang memiliki komitmen untuk menjadi yang terdepan dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui Nagari go digital. Keseriusan Pemerintah Nagari Toboh Gadang Timur ditunjukkan dengan mengirimkan Sekretaris Nagari Marni Oktavia, dan Kasi Pelayanan Aprianti, S.Pd. Sedangkan Nagari Toboh Gadang menugaskan Kasi Pemerintahan Erpit Melda, SE, dan Saiful Bahari, Staf Kasi Pelayanan.

WhatsApp Image 2020-01-15 at 11.08.56.jpeg

Nagari TGT merupakan salah satu dari 43 Nagari pemekaran yang memiliki komitmen yang tinggi untuk menjadi Nagari mandiri melalui kebijakan yang berkualitas. Walaupun baru seumuran jagung, dibawah kepemimpinan Wali Nagari Roni Saputra menunjukkan geliat perubahan ke arah yang lebih baik. Untuk pencapaian upaya tersebut Nagari TGT menggandeng Nagari induknya Toboh Gadang, untuk berkolaborasi dalam pencapaian Nagari mandiri.

Dalam diskusi di Prisma Room Dukcapil Ceria, Kasi Pelayanan TGT menanyakan secara detail tentang sarana dan prasarana yang harus disediakan oleh Pemerintah Nagari untuk menciptakan front office yang modren, ramah, dengan fleksibel dengan perkembangan teknologi informasi. Perangkat komputer dan printer serta sistem operasi yang kompatibel terhadap pelayanan Nagari go digital.

Konsultasi teknis Perangkat Nagari TGT dan TG difasilitasi oleh Tim Dukcapil Ceria, Kasi Pendataan Penduduk, Zulhari Adminitrator Database (ADB) Hermadila Sari, BOT Dukcapil Ceria. ADB Dukcapil Ceria melakukan fasilitasi untuk penggunan jaringan virtual untuk akses SIAK di Kantor Nagari. Sedangkan BOT melakukan fasilitasi terkait teknis layanan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile. Inovasi Dukcapil Ceria menginspirasi Nagari untuk berkompetisi untuk peningkatan layanan yang berkualitas.

Semangat Dukcapil Ceria
Inspirasi Inovasi, Memacu Kompetisi Antar Nagari




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment