Perkuat Pelayanan di Nagari, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Berik

By DUKCAPIL CERIA 11 Okt 2019, 13:43:53 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Perkuat Pelayanan di Nagari, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Berik

Padang Pariaman, 11 Oktober 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memfasilitasi persiapan pelayanan Nagari Go-Digital untuk 103 nagari di Kabupaten Padang Pariaman selama 7 (tujuh) hari, terhitung mulai tanggal 4 Oktober 2019 s.d. 14 Oktober 2019. Pelaksanaan pembekalan ini sendiri dilaksanakan bergantian, sebanyak 15 nagari setiap harinya mengirimkan perwakilan untuk datang ke Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dan menerima pembekalan Nagari Go-Digital di Prisma Room.

Pada kesempatan ini, tim Dukcapil Ceria menjelaskan penggunaan aplikasi Dukcapil Ceria Digital Mobile yang dapat digunakan oleh petugas nagari dalam mempercepat pelayanan, sehingga nantinya perubahan data penduduk dan pengupdate-an dokumen dapat dilaksanakan langsung di nagari, kemudian juga diberikan pelatihan mengenai pengelolaan website nagari, serta pemahaman dan pemberian akses siPAKEM (Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian) untuk nagari.

Perwakilan nagari yang ditunjuk untuk melaksanakan pelatihan nagari Go-Digital diberikan “PR” (pekerjaan rumah) untuk mengajarkan cara penggunaan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile pada perangkat atau staf nagari lainnya, serta juga mengajarkan pada anak-anak millenial di nagari. Dengan penggunaan aplikasi ini kita dapat mengakses data kependudukan dimana pun dan kapan pun tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Kepala Dinas Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly S, AP. MM., saat memberikan pengarahan Nagari Go-Digital di hari ke-6, menjelaskan bahwa “Padang Pariaman wilayahnya sangat luas, untuk mengurangi jarak itu kami membuat aplikasi pelayanan Dukcapil Ceria Digital, layanan untuk perubahan kartu keluarga, akte kelahiran, akte kematian, dan pindah datang cukup pakai aplikasi ini dengan mengupload dokumen. Jadi, masyarakat cukup bertemu dengan kita diaplikasi saja, sehingga mengurangi kunjungan, jadi pelayanan di kantor hanya terkait permasalahan yang pelik dan sangat rumit untuk diselesaikan di nagari." ujar Beliau.

Ibu Diana Anggraeni dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, yang menghadiri pembekalan Nagari Go-Digital di Prisma Room Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman pada hari ke-6 ini juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi bantuan dari petugas nagari untuk bergabung menjadi perpanjangan tangan disdukcapil, “Saya mengucapkan terimakasih, tanpa bantuan bapak/ibuk data kami kurang atau mungkin tidak akan akurat, sehingga kami harapkan dan mohon agar bapak/ibu dapat membantu, khususnya pelayanan-pelayanan dasar yang ada di wilayah bapak/ibu, seperti kelahiran, kematian ataupun data-data yang memang belum masuk ke dalam Kartu Keluarga, saya minta jika memang nanti ada di wilayah bapak/ibu yang belum terdaftar, yang belum masuk kartu keluarga, tolong dibantu dan langsung dibuatkan akte kelahiran." jelas Beliau.

Melalui pelaksanaan Nagari Go-Digital, pemerintah nagari akan menjadi objek yang paling dekat dengan masyarakat dalam pelayanan, Disdukcapil akan memberikan akses Sistem Informasi Administrasi Kependudukan sampai ke tingkat nagari. Hal ini juga mendukung program pemerintah khususnya Kementerian Dalam Negeri dengan Dukcapil Go Digital. Dengan program ini, proses pelayanan pemutakhiran Kartu Keluarga pada beberapa elemen data sudah bisa di-update di nagari.