Sebanyak 79 Peserta Diklatpim Tk IV Kemendagri Regional Bukittinggi Kunjungi Disdukcapil Padang Pari
Berita Terkait
- Cetak Dokumen Kependudukan Di Nagari, Dukcapil Berikan Fasilitasi Terakhir di Tahun 20190
- Kampuang Galapuang Ulakan, mewujudkan impian Nagari seperti Singapura0
- Bantu Masyarakat Mendapatkan Akte Kelahiran, 3 Petugas Register Kependudukan Dapat Penghargaan Bupat0
- Sebagai Komitmen Janji Perbaikan Pelayanan, Dukcapil Ceria Matangkan Peningkatan Pelayanan Tahun 2020
- Kolaborasi Dukcapil Ceria - BPBD, Wujudkan Sistem Informasi Manajemen Bencana Berbasis Data Kependud0
- Hari Pertama Kerja Tahun 2020, Dukcapil Ceria Monev Nagari Go Digital0
- Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Sediakan Alat Survey Kepuasan Pelayanan0
- Awal tahun, Dukcapil Ceria Fasilitasi Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 2 Pariaman0
- Hari Kedua Kerja, Dukcapil Ceria Terima Kunjungan Studi Tiru Perdana Tahun 20200
- Tindaklanjuti Audiensi Safari Ramadhan, Disdukcapil Turunkan Tim Pelayanan di Korong Terpencil0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan peserta Diklat Kepemimpinan Tingka IV dari Diklat Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi pada 21 Agustus 2017. Sebanyak 79 peserta diklat meninjau ruangan pelayanan, ruang tunggu dan ruang kelengkapan pelayanan lainnya. Beberapa peserta terlihat mendokumentasikan sarana-sarana pelayanan, sebagian lagi mewawancarai petugas yang bekerja pada front office.
"Ya, kami memang ingin mengetahui lebih jelas tentang kemajuan pelayanan di kantor ini, sebelumnya hanya mendengar cerita dan informasi. Sangat bagus dan puas bisa datang kesini," ujar salah satu peserta.
Materi yang menjadi bahan pembelajaran bagi peserta saat ini adalah berpikir kreatif dan inovatif, yang sangat bermanfaat bagi peserta dalam merencanakan proyek perubahan pada masing-masing instansi peserta diklat. Peserta diklat yang berasal dari kabupaten kota di wilayah Sumatera ini didampingi oleh seorang pembimbing Sarjayadi Hadikusumo. "Kami membawa peserta ke instansi ini untuk memperluas cakrawala peserta tentang inovasi dan berfikir kreatif. Diklat pola baru memang mendidik peserta untuk melakukan inovasi-inovasi. Oleh sebab itu, kita memperkenalkan kepada mereka instansi-instansi yang banyak melakukan inovasi. Dengan begitu, mereka akan bisa belajar dan meniru inovasi yang telah dilakukan oleh daerah lain," ujar Sarjayadi, pejabat yang membidangi diklat struktural pada Pusat Diklat Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memang telah melakukan banyak inovasi pelayanan. Diantaranya pengiriman berkas masyarakat langsung ke rumah, pelayanan keliling dengan merek Pedang Saber, Anak Lahir Pulang Bersama Akta (Alpa Beta) yang saat ini bekerja sama dengan klinik Aisyiah Pariaman dan 25 Puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman dan dijemput menggunakan petugas khusus yang di brand sebagai Ajek (Antar Jemput Administrasi Kependudukan), Kadoku KTP-el yang bekerjasama dengan sekolah-sekolah bagi wajib KTP baru dan juga weekend service serta Mitra PMI untuk update golongan darah penduduk.
Selanjutnya peserta diklat melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Dukcapil dengan topik inovasi dan berpikir kreatif serta mengatasi kendala-kendala dalam melakukan perubahan. "Kita sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pencapaian target kinerja dengan melakukan inovasi-inovasi. Semua brand yang kita luncurkan adalah untuk membuka banyak ruang bagi masyarakat untuk dilayani," ujar Muhammad Fadhly, Kadisdukcapil Padang Pariaman menutup pembicaraan.
(Roza Marmay, Kontributor Berita Dukcapil)