Peringati HUT RI, Disdukcapil Terima Dua Penghargaan dari Bupati

By DUKCAPIL CERIA 17 Agu 2021, 14:46:00 WIB inovasi pelayanan
Peringati HUT RI, Disdukcapil Terima Dua Penghargaan dari Bupati

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman kembali menorehkan prestasi. Dua prestasi sekaligus diterima pada peringatan HUT RI. Prestasi tersebut diganjar dalam bentuk penghargaan dari Bupati Padang Pariaman. Penghargaan diserahkan setelah pelaksanaan peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus di Ibukota Kabupaten, Parik Malintang. Dua penghargaan tersebut adalah Perangkat Daerah Terinovatif Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2021 dan  Perangkat Daerah Predikat AA nilai SAKIP Tahun 2020.

 

Kedua penghargaan tersebut, menempatkan Dukcapil Ceria sebagai perangkat pertama. Penghargaan perangkat daerah terinovatif dengan inovasi sebanyak 23 dengan nilai 97.024. Peringkat berikutnya diikuti oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian dengan inovasi 11 nilai total 66.432. Peringkat ketiga Dinas Kesehatan dengan inovasi 9 nilai total 54.955. Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman menduduki peringkat keempat dengan 4 inovasi nilai total 40.955. Peringkat kelima diduduki oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan 4 inovasi nilai total 4.055.

 

Untuk penilaian SAKIP 2020 Disdukcapil Padang Pariaman yang lebih dikenal dengan Dukcapil Ceria menduduki peringkat pertama. Peringkat selanjutnya diikuti oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, dan Dinas Kesehatan. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau disingkat dengan SAKIP tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang mana didalamnya menyebutkan SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

 

Kepala Disdukcapil Padang Pariaman M. Fadhly. S, AP, MM sesaat setelah penerimaan penghargaan dari Bupati Padang Pariaman menyatakan “Penghargaan ini didedikasikan untuk semua tim kerja Dukcapil Padang Pariaman yang telah berkomitmen melakukan perubahan dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dengan terus membangun integritas.