Kadis M. Fadhly Berikan Inspirasi, Peningkatan Kapasitas Perangkat Nagari jadikan Pemerintah Nagari EO Kesejahteraan Nagari

By DUKCAPIL CERIA 19 Des 2020, 12:30:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Kadis M. Fadhly Berikan Inspirasi, Peningkatan Kapasitas Perangkat Nagari jadikan Pemerintah Nagari EO Kesejahteraan Nagari

Keterangan Gambar : Sesi foto bersama setelah pemaparan materi


Dalam era persaingan dunia, organisasi dihadapkan kepada pilihan mutu atau mati. Supaya organisasi tetap eksis diperlukan kepemimpinan yang kuat untuk menjaga keberlangsungan hidup organisasi. Keberlangsungan hidup organisasi ditentukan oleh mutu pelayanan yang dihasilkan organisasi. Praktek kepemimpinan itu dimulai dari pelayanan publik. Kepemimpinan merupakan kemampuan untuk menterjemahkan visi menjadi aksi. Aksi nyata berdampak pada kinerja.

 

Poin ini menjadi pengantar diskusi pengantar materi dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammada Fadhly. S, AP, MM dalam peningkatan kapasitas Nagari III Koto Aua Malintang Kecamatan IV Koto Aua Malintang pada Sabtu, 19 Desember 2020 yang bertempat di Kantor Wali Nagari. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perangkat Nagari yang didampingi langsung oleh Wali Nagari H. Azwar Mardin.

 

Seorang pemimpin gagal menjadi pemimpin jika tidak mempersiapkan pemimpin berikutnya sebagai bagian dari tim maupun sebagai penerus estafet. Persiapan berikutnya melalui kebijakan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) organisasi. Pemberdayaan SDM melalui pendelegasian dan kepercayaan kepada pegawai, memberikan perhatian kepada pengembangan kompetensi pegawai, berikan target yang jelas dan feedback terukur.

 

Lebih lanjut M. Fadhly menjelaskan konsep menjadikan Pemerintah Nagari sebagai ‘event organizer’ untuk semua aspek dalam kegiatan di Nagari. Sebagaimana layaknya EO yang profesional, Pemerintah Nagari harus menjadikan setiap kegiatan yang dilakukan menjadi sebuah event yang ditunggu oleh masyarakat. Masyarakat menunggu manfaat dari setiap kebijakan yang dikeluarkan untuk membawa kepada kehidupan yang lebih baik. Keberhasilan Pemerintah Nagari sebagai EO ditentukan oleh tingkat kepuasan masyarakat. Masyarakat akan puas terhadap pemimpinnya (pemerintah - termasuk Nagari) jika memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraanya. 

 

Konsep pembangunan manusia berkualitas meliputi sektor: pertama layanan dasar dan perlindungan sosial, kedua produktifitas, dan ketiga pembangunan karakter. Pada sektor pertama mencakup bidang (i) pendidikan, (ii) kesehatan, (iii) perlindungan sosial, (iv) kualitas anak, perempuan, dan pemuda, dan (v) tata kelola kependudukan. Sektor kedua mencakup bidang: (i) pendidikan dan pelatihan vokasi, (ii) pendidikan tinggi, (iii) Iptek - inovasi, (iv) prestasi olah raga. Sektor ketiga mencakup bidang: (i) pendidikan agama dan karakter, (ii) pemahaman dan pengamalan agama, (iii) pendidikan kewarganegaraan, (iv) penguatan keluarga.

 

Integritas, komitmen dan kapasitas kepemimpinan menjadi faktor penggerak utama dalam membangun pelayanan publik yang berkualitas. Hal ini menjadikan Pemerintah Nagari sebagai EO peningkatan kesejahteraan masyarakat Nagari.

 

Komitmen pimpinan pada semua tingkat merupakan kunci untuk membangun pelayanan yang berkualitas. Pemimpin berperan dalam membangun dalam menciptakan visi, menanamkan nilai-nilai mutu, menyusun strategi serta mengambil keputusan yang tepat untuk mewujudkan mutu pelayanan.

 

Kualitas pelayanan merupakan kunci dalam membangun daya saing dan percepatan kesejahteraan. Tujuh elemen peningkatan kualitas pelayanan meliputi: pertama kepemimpinan, kedua pendekatan proses, kedua keterlibatan pegawai, keempat relationship management, kelima pengambilan keputusan berbasis bukti, keenam perbaikan terus menerus, dan ketujuh fokus pelanggan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment