Dukcapil Ceria, Komitmen Terhadap Kualitas Lakukan Evaluasi Tiada henti

By DUKCAPIL CERIA 19 Feb 2020, 10:40:11 WIB inovasi pelayanan
Dukcapil Ceria, Komitmen Terhadap Kualitas Lakukan Evaluasi Tiada henti

Padang Pariaman, 19 Februari 2020

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman sebagai satu-satunya organisasi perangkat daerah Dukcapil yang menjadi role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima selalu komitmen terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Upaya untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan dilakukan melalui evaluasi secara berkelanjutan. Evaluasi berkelanjutan merupakan perbaikan dan penyempurnaan terhadap kebijakan yang sudah dilaksanakan.

Dukcapil Ceria melalui koordinasi teknis Bidang PDIP dan Bidang Pendaftaran Penduduk melakukan evaluasi teknis dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan Dukcapil Ceria. Dalam kegiatan ini, Bidang Pendaftaran Penduduk diikuti oleh seluruh Kasi yaitu Kasi Pendaftaran Penduduk Syamsul Bahri, ST, Kasi Yusneli Roza, S.STP, MM dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP.

WhatsApp Image 2020-02-19 at 10.38.27.jpegFokus evaluasi adalah pelaksanaan layanan pada kantor Dukcapil Ceria, layanan lapangan serta layanan Nagari Go Digital. Fokus evaluasi pada layanan di Kantor Dukcapil Ceria adalah pelaksanaan pelayanan oleh front office serta pada pelaksanaan tugas fungsi satuan pengamanan (satpam). Evaluasi dilakukan untuk peningkatan kualitas komunikasi yang efektif dalam melayani setiap masyarakat yang berkunjung ke Kantor Dukcapil Ceria. Sehingga masyarakat merasa nyaman berada di Kantor Dukcapil Ceria serta permasalahan terkait administrasi kependudukan bisa diselesaikan dengan baik.

Layanan lapangan yang menjadi fokus dalam rapat evaluasi kali adalah sinkronisasi pelaksanaan tugas dan fungsi layanan si Preti dan si Bimo. Fokus layanan si Preti adalah ke sekolah, sedangkan si Bimo terkait dengan layanan lapangan ke Nagari maupun mendukung pelaksanaan inovasi pelayanan pedang saber (petugas datang semua administrasi beres) (Baca: Si Bimo dan Si Preti, Jawaban Disdukcapil dalam Memangkas Jarak Masyarakat).

Evaluasi layanan Nagari Go Digital adalah dalam bentuk percepatan pelaksanaan penerapan kebijakan Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik pada 20 Nagari yang sudah ditetapkan (Baca :Dukcapil Ceria Fokus Pelayanan di Nagari, Dari Smart Nagari menuju Nagari Mandiri). Dilakukan dalam bentuk sinkronisasi antara layanan Nagari Go Digital dengan peningkatan kualitas pelayanan pada kantor Nagari serta mensosialisasikan gerakan Sadar Administrasi Kependudukan di Nagari.

Dengan evaluasi tiada henti, Dukcapil Ceria fokus terhadap peningkatan kualitas inovasi.

Semangat inovasi Dukcapil Ceria…

Semangat cerdas untuk layanan berkualitas…