Menuju Kabupaten Go Digital, Enam Kecamatan sudah bisa laksanakan cetak dokumen adminduk di Nagari

By DUKCAPIL CERIA 13 Des 2019, 14:50:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Menuju Kabupaten Go Digital, Enam Kecamatan sudah bisa laksanakan cetak dokumen adminduk di Nagari

Padang Pariaman, 13 Desember 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melalui kebijakan Nagari go digital terus menunjukkan perkembangan yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Melalui fasilitasi penerapan Nagari go digital, mulai hari ini sudah enam kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman yang bisa melakukan layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari. Enam kecamatan tersebut adalah IV Koto Aur Malintang, Sungai Garingging, Batang Gasan, 2 x 11 Enam Lingkung, 2 x 11 Kayu Tanam dan Ulakan Tapakih. Masyarakat Nagari pada enam Kecamatan dimaksud dimanjakan dalam menikmati layanan kependudukan melalui aplikasi Dukcapil Ceria Digital.

Dukcapil Ceria pada Jumat, 13 Desember 2019 di Prisma Room Dukcapil memfasilitasi teknis layanan cetak untuk 17 Nagari. Fasilitasi Dukcapil Ceria dilakukan oleh Kabid PIAK Anda Marzuni, S.Sos, Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Danti Ayu Fradina, S, IP, Fungsional Umum Dukcapil Ceria serta Fityuliana Sarmila BOT Dukcapil Ceria. Pada kegiatan ini, Tim Dukcapil Ceria menyampaikan materi terkait kebijakan strategis Dukcapil Ceria dalam pengembangan Nagari go digital, evaluasi perkembangan user Dukcapil Ceria mobile pada masing-masing Nagari, serta teknis pelaksanaan layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari. Pada akhir acara dilakukan serah terima blanko dokumen kartu keluarga, akte kelahiran, dan akte kematian.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Nagari, Sekretaris Nagari dan perangkat Nagari yang membidangi pelayanan di Nagari. Dalam diskusi, menunjukkan tingginya semangat baik dari perangkat Nagari maupun Wali Nagari dalam upaya penerapan go digital di Nagari. Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Bakhri menunjukan komitmen untuk melengkapi sarana prasarana dalam mendukung layanan digital di Nagari. Sedangkan Wali Nagari Sungai Buluah Timur Zulkifli berjanji akan menggenjot kinerja perangkat Nagari untuk percepatan layanan go digital di Nagari. Sedangkan Revi Yulita Kasi Pelayanan Nagari Pauh Kambar menunjukan antusiasnya untuk penerapan di Nagari melalui upaya menggerakan potensi milenial di Nagari.

Dengan telah dilakukan fasilitasi untuk 17 Nagari, maka jumlah Nagari yang sudah melakukan layanan cetak di Nagari adalah 66 Nagari. Pada Senin, 9 Desember sudah difasilitasi 25 Nagari untuk layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari (Baca: Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman)
Berikut disampaikan data 17 Nagari yang difasilitasi untuk layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari:

WhatsApp Image 2019-12-13 at 3.47.09 PM(3).jpeg

  1. Anduriang
  2. Balai Baiak Malai III Koto
  3. Batu Gadang Kuranji Hulu
  4. Campago Barat
  5. Kampuang Tanjuang Koto Mambang Sungai Durian
  6. Koto Dalam
  7. Kuranji Hilir
  8. Kuranji Hulu
  9. Lareh Nan Panjang
  10. Lurah Ampalu
  11. Malai V Suku Timur
  12. Manggopoh Palak Gadang Ulakan
  13. Sungai Buluah Barat
  14. Padang Toboh Ulakan
  15. Sungai Buluah Timur
  16. Pauah Kambar
  17. Toboh Gadang

Semangat inovasi dari Nagari menginspirasi Negeri.