Kolaborasi DPMD Dukcapil Ceria, Untuk Padang Pariaman Berjaya
Koordinasi untuk Akurasi Data Adminduk Nagari

By DUKCAPIL CERIA 11 Apr 2022, 16:01:00 WIB pemanfaatan data kependudukan
Kolaborasi DPMD Dukcapil Ceria, Untuk Padang Pariaman Berjaya

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Fadhly. S, AP, MM berkenan menerima kunjungan koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Padang Pariaman. Tim DPMD dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Hendri Satria, AP, M.Si didamping oleh Kabid Pemerintahan Desa Maysar Ariszki, SE, MM, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Nurhayati, S.ST, MARS, dan analis kebijakan pemdes Siska Primadona , SSTP, M.Si. Agenda koordinasi dilaksanakan di Prisma Room Dukcapil Ceria.

Dalam agenda ini dibahas berbagai kebijakan terkait sinkronisasi tugas fungsi antara Dukcapil dengan DPMD dalam mendukung visi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Visi Padang Pariaman berjaya dimulai dari kebijakan Nagari Berdaya. Untuk itu perlu penguatan kebijakan bagi penyelenggaraan pemerintahan Nagari diantaranya melalui kolaborasi Dukcapil Ceria dengan DPMD.

Fadhly dalam pemaparannya menyampaikan tentang pentingnya akurasi data administrasi kependudukan Nagari dalam mendukung upaya pencapaian visi Pemerintah Daerah. Proses akurasi data adminduk Nagari dapat dilakukan melalui optimalisasi berbagai kegiatan. Pada tataran kebijakan, Disdukcapil Padang Pariaman telah memfasilitasi pengembangan aplikasi Prisma Nagari (Pusat Riset Statistik dan Manajemen Data). Aplikasi ini memberikan tampilan data penduduk Nagari serta elemen data utama seperti tingkat pendidikan, data golongan darah, pekerjaan, agama. Tampilan elemen data sangat bermanfaat bagi kebijakan Pemerintahan Nagari