2020, Dokumen Kependudukan Bisa Cetak Langsung di Seluruh Nagari

By DUKCAPIL CERIA 23 Des 2019, 15:14:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

2020, Dokumen Kependudukan Bisa Cetak Langsung di Seluruh Nagari

Padang Pariaman, 23 Desember 2019

Akhir tahun 2019 merupakan lembaran baru dalam pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melalui inovasi kebijakan Nagari Go Digital memberikan kemudahan kepada seluruh warga dengan menyuguhkan layanan adminduk dalam genggaman, lebih tepatnya melalui aplikasi Dukcapil Ceria Digital dan Si Pakem. Dengan Aplikasi Dukcapil Ceria Digital masyarakat bisa menikmati layanan adminduk dimana saja kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu.

Kebijakan Nagari Go Digital merupakan kolaborasi antara Dukcapil Ceria dengan Nagari. Dukcapil ceria telah melakukan fasilitasi persiapan cetak dokumen kependudukan untuk seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Fasilitasi terakhir dilaksanakan pada Senin 23 Desember 2019 di Prisma Room Dukcapil Ceria.

WhatsApp Image 2019-12-23 at 14.13.42.jpeg

Mulai akhir tahun 2019 masyarakat sudah bisa mengurus dan mencetak langsung dokumen kependudukannya di seluruh kantor Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Kebijakan ini secara efektif berlaku pada awal Januari 2020. Dokumen kependudukan yang dapat dicetak langsung adalah Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Kartu Keluarga.

Cetak langsung dokumen kependudukan di nagari merupakan salah satu langkah Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal administrasi kependudukan. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dukcapil Ceria melakukan terobosan kebijakan dengan memangkas jarak bagi masyarakat dalam mengakses layanan adminduk. Dengan terobosan ini jarak tak lagi menjadi  penghalang bagi masyakat dalam memiliki kelengkapan dokumen kependudukan.

Cetak dokumen kependudukan ini tentunya terwujud atas dedikasi dan sifat kooperatif dari entitas pemerintah nagari untuk ikut serta meningkatkan dan melatih kemampuan petugas, melengkapi sarana dan prasarana, dan menyiapkan waktu untuk terus bekerjasama dalam memberikan kemudahan dan kepuasan pelayanan kepada masyarakat. 

Semangat Nagari  Go Digital, inovasi untuk kesejahteraan masyarakat Nagari.