Fokus Peningkatan Kualitas, Dukcapil Ceria Evaluasi Teknis Layanan Nagari Go Digital

By DUKCAPIL CERIA 13 Jan 2020, 14:48:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Fokus Peningkatan Kualitas, Dukcapil Ceria Evaluasi Teknis Layanan Nagari Go Digital

Padang Pariaman, 13 Januari 2020

Sebagai bentuk komitmen untuk terus melakukan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan baik, Dukcapil Ceria melakukan evaluasi teknis pelaksanaan kebijakan Nagari go Digital. Evaluasi teknis dilaksanakan dipimpin oleh Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Andriyani, SE, MM, diikuti Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasi Pendataan Penduduk, dan Zulhari A.Md Administrator Database (ADB Dukcapil) serta Back Office Team (BOT) Dukcapil Ceria layanan Nagari go digital, Fityuliana Sarmila dan Andre.

Mulai tahun 2020 layanan Nagari go digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria mobile efektif berlaku untuk seluruh Nagari (Baca: 2020, Dokumen Kependudukan Bisa Cetak Langsung di Seluruh Nagari). Selama minggu pertama Tahun 2020, serta pelaksanaan pada beberapa Nagari pada akhir 2019 terdapat beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi penting dalam pelaksanaan evaluasi teknis.

Pertama, peningkatan kualitas SDM. Untuk mendukung percepatan pelaksanaan layanan Nagari go digital dibutuhkan SDM yang handal serta melek dengan perkembangan teknologi informasi. SDM tidak hanya dilingkungan Dukcapil Ceria tetapi juga dilingkungan Pemerintah Nagari. SDM Dukcapil Ceria dibutuhkan untuk dukungan untuk BOT pada saat meningkatnya trend pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi Dukcapil Ceria digital.

Yang lebih penting adalah SDM pada Pemerintah Nagari untuk mendukung layanan Nagari go digital. SDM untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait manfaat serta kemudahan yang diperoleh masyarakat dengan menggunakan layanan Nagari go digital. Melakukan fasilitasi pelayanan di Kantor Nagari serta pengelolaan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Nagari. Untuk pencapaian tersebut Dukcapil Ceria terus melakukan pembinaan secara berkelanjutan terhadap Perangkat Nagari terkait untuk peningkatan kualitas pelayanan.

Kedua, sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana menjadi sorotan dalam evaluasi teknis, karena saat ini pelayanan BOT Nagari go digital masih menyatu dengan Front Office layanan Kantor Dukcapil Ceria. Kondisi menimbulkan kecemburuan bagi masyarakat yang melakukan layanan secara konvensional. Untuk menyiasati kondisi ini, Dukcapil Ceria akan melakukan penataan ruang, terutama setelah efektif pemakaian gedung di sebelah Kantor Dukcapil Ceria. Pada sisi lain dukungan peralatan menjadi sorotan, seperti ketersediaan desktop dan printer serta ruangan penyimpanan arsip pelayanan.

Ketiga, dukungan kebijakan. Kebijakan merupakan faktor untuk mendukung kesuksesan penerapan Nagari go digital. Untuk hal ini Dukcapil Ceria melakukan penyempurnaan terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada.

Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria.
Dukcapil Ceria terus improvisasi untuk kesempurnaan inovasi.