Disdukcapil Padang Pariaman implementasikan program KIRANA melalui Inovasi Pelayanan Merdeka

By DUKCAPIL CERIA 11 Agu 2022, 15:00:00 WIB inovasi pelayanan
Disdukcapil Padang Pariaman  implementasikan program KIRANA  melalui Inovasi Pelayanan Merdeka

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan kegiatan Pelayanan Lapangan melalui inovasi Pelayanan Merdeka pada hari Kamis ,11 Agustus 2022. Kegiatan Pelayanan Merdeka Merupakan Inovasi Pelayanan lapangan yang ditujukan untuk melayani masyarakat yang sulit mendapatkan diakses pelayanan adminduk karena kondisi ekonomi dan geografis serta wilayah perbatasan. Kegiatan Pelayanan Merdeka pada hari ini dilaksanakan di SD Negeri 08 Sungai Garinggiang dengan fokus pelayanan perekaman dan cetak KIA, KTP-el dan dokumen lainnya. Pelayanan merdeka hari ini terlaksana dengan lancar dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat sehingga total pelayanan terlaksana cukup baik, dimana perekeman dan cetak KIA sebanyak 53 KIA,  ganti KTP el Rusak  sebanyak 2 KTP el dan KTP  el hilang sebanyak 2 el. 

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan sosialisasi dan implementasi pendistribusian Voucher Kirana (Kartu Indentitas Anak Bersama Bank Nagari) kepada para siswa siswi di SD 08 Sungai Garinggiang. Program Kirana yang merupakan inovasi Disdukcapil Provinsi Sumatera Barat berkolaborasi dengan Bank Nagari. Bentuk kerjasamanya  yaitu melalui pemanfaatan KIA (Kartu Identitas Anak). Anak yang berusia dibawah 17 tahun pada usia sekolah yang mengajukan KIA akan diberikan Voucher berupa pembukaan tabungan anak pada Bank Nagari dengan saldo sebesar Rp.5000. Voucher yang diterima nantinya dapat dibawakan langsung ke kantor Bank Nagari setempat untuk digunakan membuka baru tabungan anak Bank Nagari. 

Program Kirana ini di implemetasikan secara bersama di 19  Disdukcapil Kab/Kota se Provinsi Sumatera Barat dengan periode waktu Agustus sampai Desember. Target program ini adalah penyaluran 10.000 voucher KIA. Untuk Kabupaten Padang Pariaman mendapat 800 Voucher. Dalam rangka mesukseskan implementasi program Kirana dilapangan, Disdukcapil Padang Pariaman sebagai implementor bersinergi dengan kantor cabang Bank Nagari Pariaman (kantor cabang Bank Nagari Sungai Limau) yang turut serta datang melakukan sosialisasi dan penyaluran voucher Kirana di SD Negeri 08 Sungai Garinggiang. Atas kerjasama baik yang dibangun dengan Bank Nagari dan  Sekolah, Disdukcapil Padang Pariaman telah menyalurkan sebanyak  53 Voucher Kirana. Ini merupakan realisasi yang baik untuk tahap pertama. Harapannya semoga program dapat direalisasikan dengan lebih baik lagi di sekolah atau lokasi lainnya dan yang terpenting tentu program ini memberikan manfaat bagi masyakat khususnya anak-anak.