Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PANRB: Disdukcapil Padang Pariaman Wajar Menjadi Referensi dan Role Model Pelayanan Publik

By DUKCAPIL CERIA 04 Nov 2021, 13:23:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PANRB: Disdukcapil Padang Pariaman Wajar Menjadi Referensi dan Role Model Pelayanan Publik

Padang Pariaman, 4 November 2021

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Prof. DR. Diah Natalisa, MBA melakukan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman pada Kamis, 4 November 2021. Rangkaian kunjungan di Sumatera Barat tersebut dilakukan dalam rangka pemantauan dan evaluasi pelayanan publik berkelanjutan oleh Tim Kedeputian Pelayanan Publik, Kementerian PANRB.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE. MM. dan Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM. serta Kapolres Kota Pariaman AKBP Deny Rendra laksmana didampingi Kadisdukcapil Padang Pariaman Muhammad Fadhly menyambut tim yang langsung memantau berbagai fasilitas pelayanan di Disdukcapil Padang Pariaman. Berbagai aspek yang dipantau dan menjadi konsen Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa adalah fasilitas layanan bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, toilet, layanan dan fasilitas pada ruangan laktasi, layanan konsultasi dan pengaduan, hospitality serta fasilitas pendukung seperti sarana prasarana baik untuk pengguna layanan maupun untuk pegawai back-office.

“Ruangan-ruangan pelayanan saya masuki, ada hal-hal yang diluar dugaan saya dan ini tentu wajar kalau  menjadi referensi dan role model tidak hanya untuk layanan dukcapil yang telah melakukan banyak studi tiru kesini dari provinsi lainnya. Tentu ini akan memberikan kekuatan jauh lebih besar, apalagi didampingi oleh kelompok milenial yang ide-idenya luar biasa”, jelas Prof. Diah Natalisa.

Selain melihat fasilitas pada front-office, Prof. Diah Natalisa juga menyambangi ruangan kerja dengan konsep Corpworking Space yang dimanfaatkan untuk bekerja bagi tim kreatif Dukcapil yang umumnya adalah generasi millennial. Diruangan ini tersedia café mandiri yang menyediakan fasilitas pendukung dan akomodasi bekerja bagi pegawai, dengan disain ruangan yang kekinian dan kreatif. Prof. Diah Natalisa beraudiensi dengan tim kreatif tentang pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan tim kreatif dalam mendukung pelayanan publik. Ada programmer, disainer grafis, web developer dan video creator yang dipimpin oleh pejabat administrator.

“Inovasi banyak sekali. Saya lihat ruangan ini sederhana, tetapi menjadi berbeda nuansanya, didepan tadi sudah impress (membuat terkesan) tetapi disini semakin luar biasa apalagi di belakang (Corpworking Space) tadi SDM diberikan keleluasaan sehingga kelihatan sekali kolektif kolegialnya dan ini bisa menjadi budaya yang bisa ditularkan. Birokrasi tidak harus angker, tidak harus ditakuti. Justru kita yang berada digaris terdepan melayani dengan baik. Keramahtamahan, hospitality dan kreatifitas menjadi kunci”, terang Prof. Diah Natalisa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Padang Pariaman juga menjelaskan tentang dukungan pemerintah daerah terhadap pelayanan publik di Padang Pariaman. “Bersama DPRD Kabupaten Padang Pariaman, kita sangat konsen terhadap pelayanan publik dan akan terus berkomitmen memberikan dukungan baik dari segi kebijakan maupun anggaran”, terang Bupati Padang Pariaman.