Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PANRB: Disdukcapil Padang Pariaman Wajar Menjadi Referensi dan Role Model Pelayanan Publik
Berita Terkait
- Kepala Disdukcapil Berbagi Inspirasi Inovasi dalam Bimtek Standar Pelayanan Publik Kota Pariaman0
- Dikunjungi Divisi Imigrasi, Dukcapil Ceria Mendapat Apresiasi Pengembangan Inovasi0
- Satu Hari Terima Kunjungan Dari Dua Provinsi0
- Dirjen Dukcapil, Merasa Sangat Gembira di Dukcapil Ceria0
- Disdukcapil Padang Pariaman Pertahankan Prestasi Tingkat Provinsi0
- Disdukcapil Padang Pariaman, 100 Menit Bersama Bupati Tanah Datar0
- Kunjungi Nagari Tandikek Utara, Kadisdukcapil Himbau Pemerintah Nagari Benahi Segera Data Nama Korong0
- Replika Inovasi, Kadisdukcapil Beri Pembekalan Bagi Operator Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota 0
- Replikasi Inovasi Nagita, M Fadhly Dampingi Bupati Limapuluh Kota Luncurkan Jempol Nagari0
- Peringati HUT RI, Disdukcapil Terima Dua Penghargaan dari Bupati0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Pegawai Dukcapil Swab Massal, Layanan Tatap Muka Tutup Sementara
- Dikunjungi Kadisdukcapil se Provinsi Bengkulu, Dukcapil Padang Pariaman Beberkan Proses Perubahan

Padang Pariaman, 4 November 2021
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Prof. DR. Diah Natalisa, MBA melakukan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman pada Kamis, 4 November 2021. Rangkaian kunjungan di Sumatera Barat tersebut dilakukan dalam rangka pemantauan dan evaluasi pelayanan publik berkelanjutan oleh Tim Kedeputian Pelayanan Publik, Kementerian PANRB.
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE. MM. dan Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM. serta Kapolres Kota Pariaman AKBP Deny Rendra laksmana didampingi Kadisdukcapil Padang Pariaman Muhammad Fadhly menyambut tim yang langsung memantau berbagai fasilitas pelayanan di Disdukcapil Padang Pariaman. Berbagai aspek yang dipantau dan menjadi konsen Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa adalah fasilitas layanan bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, toilet, layanan dan fasilitas pada ruangan laktasi, layanan konsultasi dan pengaduan, hospitality serta fasilitas pendukung seperti sarana prasarana baik untuk pengguna layanan maupun untuk pegawai back-office.
“Ruangan-ruangan pelayanan saya masuki, ada hal-hal yang diluar dugaan saya dan ini tentu wajar kalau menjadi referensi dan role model tidak hanya untuk layanan dukcapil yang telah melakukan banyak studi tiru kesini dari provinsi lainnya. Tentu ini akan memberikan kekuatan jauh lebih besar, apalagi didampingi oleh kelompok milenial yang ide-idenya luar biasa”, jelas Prof. Diah Natalisa.
Selain melihat fasilitas pada front-office, Prof. Diah Natalisa juga menyambangi ruangan kerja dengan konsep Corpworking Space yang dimanfaatkan untuk bekerja bagi tim kreatif Dukcapil yang umumnya adalah generasi millennial. Diruangan ini tersedia café mandiri yang menyediakan fasilitas pendukung dan akomodasi bekerja bagi pegawai, dengan disain ruangan yang kekinian dan kreatif. Prof. Diah Natalisa beraudiensi dengan tim kreatif tentang pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan tim kreatif dalam mendukung pelayanan publik. Ada programmer, disainer grafis, web developer dan video creator yang dipimpin oleh pejabat administrator.
“Inovasi banyak sekali. Saya lihat ruangan ini sederhana, tetapi menjadi berbeda nuansanya, didepan tadi sudah impress (membuat terkesan) tetapi disini semakin luar biasa apalagi di belakang (Corpworking Space) tadi SDM diberikan keleluasaan sehingga kelihatan sekali kolektif kolegialnya dan ini bisa menjadi budaya yang bisa ditularkan. Birokrasi tidak harus angker, tidak harus ditakuti. Justru kita yang berada digaris terdepan melayani dengan baik. Keramahtamahan, hospitality dan kreatifitas menjadi kunci”, terang Prof. Diah Natalisa.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Padang Pariaman juga menjelaskan tentang dukungan pemerintah daerah terhadap pelayanan publik di Padang Pariaman. “Bersama DPRD Kabupaten Padang Pariaman, kita sangat konsen terhadap pelayanan publik dan akan terus berkomitmen memberikan dukungan baik dari segi kebijakan maupun anggaran”, terang Bupati Padang Pariaman.