Dukcapil Ceria terima kunjungan dari 3 (Tiga) Disdukcapil
Berita Terkait
- Diary Dukcapil SERGAP KAKAP0
- Tim Disdukcapil Padang Pariaman hadiri undangan Rakorda Wilayah I (Se-Sumatera)0
- Tim Dukcapil Kota Sawahlunto berfokus pada pengelolaan Website Dukcapil0
- Peninjauan Inovasi Pencatatan Kematian oleh Tim Ditjen Dukcapil Kemendagri Bersama World Bank0
- Pelaksanaan Pemantaun Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) Disdukcapil Padang Pariaman tahun 2022 oleh Tim Kemenpan & RB0
- Kemenpan RB Laksanakan Evaluasi Zona Integritas Dukcapil Padang Pariaman0
- Dukcapil terima 4 Penghargaan pada peringatan HUT RI ke 770
- Disdukcapil Padang Pariaman implementasikan program KIRANA melalui Inovasi Pelayanan Merdeka0
- Menuju Bukittinggi Hebat, Walikota Dorong Adopsi Inovasi0
- Bupati Padang Pariaman Berikan Penghargaan Kepada Nagari paling tertib melakukan pelaporan peristiwa kematian melalui Bupokari (Buku Pokok Pemakaman Nagari).0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman hari ini menerima kunjungan silaturahim dari tiga daerah. Tim Dukcapil Ceria menerima tim Disdukcapil Provinsi Lampung, Disdukcapil Kota Bandar Lampung, dan DISDUKCAPIL SIMALUNGUN Provinsi Sumatera Utara.
Dukcapil Ceria melalui Kabid Dafduk, Fauzi Al Azhar, S.AP, M.AP, Administrator Database, Zulhari Pdprm dan Tim Kreatif Ridia Febria Ningsih berkenan melakukan fasilitasi kunjungan di Prisma Room Dukcapil Ceria.
Disdukcapil Provinsi Lampung dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Achmad Saefulloh, SH., didampingi oleh Kabid Capil Romi Hendri, M.Kom., beserta Analis Kebijakan Mohd. Iqbal, S.Sos., Marisa Lolita Ibrahim, S.AP., Lady Puspa Negara, SP, MM., dan Staff Antonius Agung Budiantoro, SE.,
Turut dalam tim adalah tim Disdukcapil Kota Bandar Lampung bersama Plt Kepala Dinas Febriana, S.STP, M.IP., Sedangkan tim Disdukcapil Kabupaten Simalungun dipimpin oleh Kepala Dinas Tiarli E Sinaga, S.Kom, M.Si., beserta Tim Risnawati Girsang, S.Psi., Roy Ivan Mangasi Siringoringo, SE., Hendra Purba, A.Md., Masron Fujianto Sitanggang.
Dalam agenda diskusi di Prisma Room dibahas tentang pengelolaan layanan administrasi kependudukan secara daring, manajemen sumber daya manusia dalam pelayanan, reward dan punishment dalam MSDM, pelaksanaan perjanjian kerjasama, serta berbagai inovasi terkait peningkatan kualitas pelayanan.
Hal yang menarik bagi Tiarli E Sinaga, Kadisdukcapil Simalungun adalah penerapan kolaborasi pelayanan bersama desa Tiarli E Sinaga menanyakan terkait peran desa dalam layanan adminduk. Terkait pertanyaan ini Kabid Dafduk menjelaskan peran desa dengan mengacu kepada tugas fungsi Pemerintah Desa sesuai Permendagri 84 Tahun 2015 serta sinkronisasi dengan regulasi administrasi kependudukan.
Sedangkan Kadisdukcapil Kota Bandar Lampung Febriana menanyakan terkait integritas pelayanan. Menanggapi hal ini, Kabid dafduk menjelaskan bahwa integritas merupakan tantangan dalam pelayanan publik. Bagi Dukcapil menjadi tantangan tersendiri dengan menyikapi melalui pembentukan tim komite etika. Disamping itu melakukan pengawasan rutin dan secara berkelanjutan.
Sementara Achmad Saefulloh Kadisdukcapil Provinsi Lampung menanyakan proses bisnis layanan online dukcapil ceria mobile. Kabid Dafduk menjelaskan alur proses pelayanan, termasuk pelaksanaan komplain dan penangguhan pelayanan. Terkait dengan proses tersebut, Achmad Saefulloh mengungkapkan "Sangat detail prosesnya, dan memiliki arsip digital. Ini wajar menjadi referensi dalam kebijakan pelayanan adminduk".
Menjelang akhir kunjungan tim melakukan peninjauan ke Coworking Space Dukcapil, Ruang Pelayanan, serta melakukan konfirmasi teknis ke operator pelayanan.
