Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 17 Desember 2019

79409709_10219014000688543_2371095742967185408_o.jpg

Dukcapil Ceria menerima kunjungan koordinasi dari Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Padang Pariaman Alfianto pada Selasa pagi, 17 Desember 2019. Koordinasi ini sebagai tindak lanjut kegiatan Rapat Koordinasi BPS dan Dukcapil se Sumatera Barat pada 10 Desember 2019 di Padang. (Baca : Koordinasi Persiapan Sensus Penduduk 2020, BPS dan Disdukcapil se-Sumatera Barat Laksanakan Rapat)
Dalam diskusi ringan di Dukcapil Ceria, Kepala BPS Kabupaten Padang Pariaman menyampaikan beberapa kebijakan teknis untuk pelaksanaan sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP 2020). Untuk pelaksanaan sosialisasi SP 2020 ke Nagari, BPS akan melakukan kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan terkait Nagari. Dengan kolaborasi diharapkan pelaksanaan SP 2020 bisa memberikan hasil akurasi yang maksimal data kependudukan untuk penyusunan kebijakan strategis nantinya.

Padang Pariaman, 16 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-16 at 5.02.36 PM.jpegSemangat Nagari go digital telah menginspirasi Nagari untuk melakukan koneksi antara dataware house (DWH) kependudukan dengan openSID. Sehingga pelayanan di Nagari bisa efektif dan efisien berdasarkan kondisi riil penduduk di Nagari dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Hal ditujukan dengan adanya permohonan dari Nagari Sandi Ulakan, Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, Nagari Kapalo Koto dan Nagari Kurai Timur Kecamatan Nan Sabaris, Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak, Nagari Lareh Nan Panjang Kecamatan VII Koto, serta Nagari Campago Selatan Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Padang Pariaman, 16 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-16 at 2.50.45 PM.jpeg

Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu daerah yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk percepatan program 100 Smart City di Indonesia. Keberhasilan kebijakan Smart City di Kabupaten Padang Pariaman sangat ditentukan oleh keberhasilan penerapan kebijakan Smart Nagari. Smart Nagari merupakan faktor utama untuk mencapai smart city. Smart Nagari diusung dari elemen-elemen Smart City yaitu:
1.Smart Governance (tata kelola pemerintahan)
2.Smart Branding (branding daerah)
3.Smart Economy (perekonomian)
4.Smart Living (kualitas hidup dan kenyamanan)
5.Smart Society (interaksi masyarakat)
6.Smart Environtment (kelestarian lingkungan).

Padang Pariaman, 14 Desember 2019

79530357_10218991625089167_154808750404796416_o.jpg

Komitmen dari top leader sangat menentukan keberhasilan pengembangan inovasi dalam sebuah organisasi. Sebagai wujud dari penerapan komitmen tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, M. Fadhly S, AP, MM melakukan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota pada Sabtu - Minggu, 14 - 15 Desember 2019 bertempat di Wisma Flamboyan Kota Payakumbuh. Pelatihan diikuti oleh seluruh pejabat struktural, fungsional umum dan petugas front office Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari studi tiru yang dilaksanakan oleh Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota ke Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman pada 4 Oktober 2019 (Baca : Tertarik dengan Pelayanan Publik Go-Digital dan Inovasi Dukcapil Ceria, Dukcapil 50 Kota Laksanakan Studi Tiru).

Padang Pariaman, 13 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-16 at 10.46.20(1).jpeg

Lingkungan kerja yang kondusif merupakan salah satu faktor pendukung kenyamanan dalam bekerja. Sarana kerja yang nyaman akan bisa memicu dan memacu pengembangan ekspresi dari pegawai untuk berinovasi. Untuk mewujudkan lingkungan kerja yang kondusif salah satunya diwujudkan dengan menciptakan suasana perkantoran yang nyaman dan asri. Kegiatan ini bisa dilakukan melalui penciptaan lingkungan hijau melalui kebijakan Go Green.

Jumat sore, 13 Desember 2019 Dukcapil Ceria menyiapkan suasana kantor yang Go Green melalui penyiapan kedudukan awal untuk taman di depan Sekretariat Dukcapil Ceria, setelah sebelumnya dilakukan pemaksimalan di halaman utama depan Kantor. Dukcapil Ceria yang digawangi oleh Ricky Yuliardi dan Andri, S.Sos melakukan pemasangan kawat dan pot bunga untuk pengembangan taman depan Sekretariat. Diperkirakan dalam beberapa bulan ke depan akan tampak perubahan yang signifikan pada titik-titik tersebut.

Solok, 13 Desember 2019

Rakoor da fadhly 1.jpg

Dalam rangka percepatan penerapan Dukcapil go digital, Forum Dukcapil Sumatera Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Dinas Dukcapil se Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di Villa Danau Kembar Resort, Alahan Panjang, Solok. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Rakor akhir tahun 2019 ini diberi tema Persiapan Dukcapil Sumbar Menuju Go Digital. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat, Yulisna, SH, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly. S, AP, MM, dan Dinas Dukcapil Kabupaten Solok Wandi Yuldarmawan. Penyampaian materi dilakukan secara panel dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1