Evaluasi Awal 2020, Dukcapil Ceria Komitmen Menjadi Organisasi Pembelajar

By DUKCAPIL CERIA 14 Jan 2020, 14:15:00 WIB pemanfaatan data kependudukan

Berita Terkait

Berita Populer

Evaluasi Awal 2020, Dukcapil Ceria Komitmen Menjadi Organisasi Pembelajar

Padang Pariaman, 14 Januari 2020

Dukcapil Ceria sebagai organisasi pembelajar telah melalui metamorfosis sehingga bisa berkembang maju seperti saat ini DAN menjadi inspirasi bagi banyak instansi lain. Untuk terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat maka pelaksanaan evaluasi harus menjadi kegiatan rutin dan menjadi penggerak utama organisasi (Baca: Fokus Peningkatan Kualitas, Dukcapil Ceria Evaluasi Teknis Layanan Nagari Go Digital). Hal ini merupakan pesan kunci Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dalam kegiatan Rapat Evaluasi Awal Tahun 2020. Rapat Evaluasi dilaksanakan di Prisma Room Dukcapil pada Selasa, 14 Januari 2020 diikuti oleh seluruh pejabat eselon III dan IV Dukcapil Ceria.

Pada pemaparan Rapat Evaluasi Awal Tahun 2020, Kadis Dukcapil Ceria memaparkan beberapa program tahun 2019 yang memerlukan penguatan untuk pencapaian target pada tahun 2020. Dua agenda besar daerah dan nasional yang merupakan bagian dari target Dukcapil Ceria tahun 2020 yaitu pelaksanaan pilkada serentak dan Sensus Penduduk Tahun 2020. Pelaksanaan pilkada serentak membutuhkan data kependudukan dari Dukcapil sedangkan Sensus Penduduk menggunakan data kependudukan Dukcapil sebagai data awal pelaksanaan sensus.

Penguatan yang harus dilakukan oleh Tim Dukcapil Ceria untuk pencapaian target pada tahun 2020 meliputi, pertama perlu dilakukan peningkatan kualitas dokumentasi kegiatan dari tahun 2019. Untuk itu perlu dilakukan perencanaan kegiatan serta perencanaan dokumentasi. Dengan dokumentasi yang baik akan bisa mengukur tingkat pencapaian program sesuai periode yang ditetapkan. Dokumentasi yang baik merupakan bahan evaluasi terhadap pencapaian suatu program.

WhatsApp Image 2020-01-14 at 09.59.38(5).jpeg

Kedua, menerapkan area perubahan. Area perubahan Dukcapil Ceria meliputi delapan sektor yaitu: Manajemen Perubahan, Penataan Peraturan Perundang-undangan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Sektor manajemen perubahan dengan substansi membangun organisasi melayani melalui internalisasi visi, misi dan tata nilai organisasi. Tata nilai organisasi Dukcapil Ceria adalah ceria yang meliputi cepat, efisien, responsif, inovatif, dan akuntabel. Perubahan pada sektor Penataan Peraturan Perundang-undangan menyangkut evaluasi, menyempurnakan peraturan yang tidak relevan, harmonis serta perubahan peraturan/deregulasi yang menghambat pelayanan.

Evaluasi dan restrukturisasi menjadi poin kunci area perubahan pada Penataan dan Penguatan Organisasi. Sedangkan pada sektor Penataan Tata Laksana, area perubahan menyangkut pada penerapan e-government, pelaksanaan keterbukaan informasi publik, penerapan efisiensi, proses bisnis, serta Standar Operasional Prosedur (SOP). Di Dukcapil Ceria terdapat 54 SOP dan empat aplikasi pendukung meliputi E-Laporan, E-Toilet, E-Faktur, dan E-Survey.
Pembangunan SPIP dan penanganan pengaduan masyarakat merupakan area perubahan dalam sektor Penguatan Pengawasan. Pada area harus dibedakan antara pengaduan dan konsultasi. Yang selama antara pengaduan dan konsultasi dilakukan dalam pelayanan yang sama.

WhatsApp Image 2020-01-14 at 09.59.38(2).jpeg

Area perubahan pada sektor Penataan Sistem Manajemen SDM meliputi sistem perencanaan kebutuhan pegawai, penerapan kebijakan reward and punishment berbasis kinerja, penguatan sistem dan kualitas diklat. Kebijakan harus dilakukan karena telah terjadi mutasi, promosi di internal Dukcapil Ceria serta adanya penambahan beberapa pegawai baru.

Sektor Penguatan Akuntabilitas menjadi area penting dalam era kemajuan teknologi informasi saat ini. Area perubahan ini menyangkut Sistem Informasi Pelayanan Publik Pendukung Operasional Pelayanan terkait pengelolan terhadap akun twiter, facebook, whatsapp, instagram, dan youtube. Sehingga efektif terhadap pelaksanaan komunikasi publik.

Pada sektor Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik area perubahan meliputi Penerapan pelayanan satu pintu atau satu atap, percepatan pelayanan inovasi pelayanan publik, Pengembangan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan.

Berdasarkan dua fokus evaluasi awal tahun 2020 tersebut, masing-masing bidang Dukcapil Ceria memiliki target untuk peningkatan kualitas pelayanan melalui perencanaan secara komprehensif serta terintegrasi. Setiap bidang harus mempresentasikan rencana aksi untuk disinkronkan dengan bidang lain serta sekretariat sehingga berjalan efektif dan efisien.

Dukcapil Ceria inspirasi mengembangkan inovasi.
Semangat inovasi inspirasi kemajuan Negeri.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment