Nagari Kudu Gantiang Barat, Layanan Masyarakat dengan Tim Yang Kuat

By DUKCAPIL CERIA 15 Sep 2020, 17:00:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Nagari Kudu Gantiang Barat, Layanan Masyarakat dengan Tim Yang Kuat

Keterangan Gambar : Fasilitasi Diskusi bersama seluruh Perangkat Nagari Kudu Gantiang Barat


Bentuk fisik kantor tidak menjadi jaminan untuk suatu pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan ditentukan oleh sumber daya manusia yang terlibat dalam pelayanan publik. Walaupun dengan kantor merupakan swadaya dari masyarakat dalam bentuk rumah yang digunakan untuk fasilitas kantor Nagari, tetapi pelayanan publik di Nagari Kudu Gantiang Barat menunjukkan kualitas yang baik. Layanan administrasi kependudukan melalui layanan Nagita (nagari go digital) di KGB adalah tertinggi di Kecamatan V Koto Timur dan termasuk dalam level atas di Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly. S, AP, MM berkenan melakukan fasilitasi pembinaan ke Nagari KGB pada Selasa, 15 September 2020. Dalam agenda di KGB Kadis melakukan diskusi dengan seluruh perangkat Nagari yang difasilitasi oleh Sekretaris Nagari Beni Susilo, S.Pd. Diskusi yang berjalan hangat dimulai dengan topik terkait dengan warna yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Salah satu warna menarik adalah warn kuning yang menjadi kesukaan Dewi Amira, Kasi Pemerintahan. Menurut Muhammad Fadhly, warna kuning adalah warna yang penuh semangat dan selalu membikin suasana baru, yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh seluruh perangkat Nagari.

Diskusi berlanjut dengan topik tentang pentingnya data kependudukan, yang dimulai dengan tiga pertanyaan kritis oleh Dewi Amira. Sebagai Kasi Pemerintahan, hal sering dihadapi adalah sering terjadinya perbedaan data kependudukan antara satu anak dengan anak lain dalam keluarga, yaitu perbedaan nama ayah. Kedua, adanya warga yang pulang dari rantau tanpa membawa surat pindah, ketiga terkait dengan data ganda dan warga sulit untuk mengurus proses validasi ke Dukcapil karena faktor ekonomi. Terkait dengan pertanyaan tersebut, Muhammad Fadhly menguraikan secara rinci teknis dan tatacara pelayanan administrasi kependudukan. Termasuk solusi pengembangan inovasi untuk pelayanan data bagi masyarakat yang sulit ekonomi melalui Dukcapil kunjungan rumah dalam penyelesaian data bermasalah.

Muhammad Fadhly melanjutkan diskusi dengan tugas fungsi dari masing-masing aparatur Pemerintah Nagari dalam membangun pelayanan publik yang berkualitas. Pemerintah Nagari merupakan pemegang amanah untuk membawa masyarakat kepada kehidupan yang lebih baik. Sebanyak 15 orang perangkat Nagari yang membantu wali Nagari merupakan penentu arah bagi pencapaian kesejahteraan masyarakat di Nagari. Dari diskusi hangat menunjukkan, Pemerintah Nagari KGB didukung oleh tim kerja yang kuat. Hal ini karena masing-masing kaur, kasi dan staf menunjukkan kekompakan dan tingkat antusias yang tinggi dengan materis diskusi, serta cepat menanggapi setiap lontaran materi diskusi.

Dalam kunjungan Kadis didampingi oleh Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Zulhari, S.Kom, ADB Dukcapil dan Gino Meitulesi. Kunjungan diakhir menjelang waktu ashar, dan rombongan kembali ke Dukcapil melalui rute gerbang barat Nagari KGB melalui Kecamatan V Koto.

 

Semangat Dukcapil Ceria

Inspirasi Inovasi untuk Kemajuan Negeri




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment