Terinspirasi Pengembangan Inovasi, Dukcapil Ceria Dikunjungi UPTD BLK Dinkes Provinsi

By DUKCAPIL CERIA 29 Jan 2020, 12:50:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Terinspirasi Pengembangan Inovasi, Dukcapil Ceria Dikunjungi UPTD BLK Dinkes Provinsi

Padang Pariaman, 29 Januari 2020

Dukcapil Ceria setiap hari selalu menebar inspirasi inovasi. Rabu, 29 Januari 2020 Dukcapil Ceria menerima kunjungan dari Balai Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Kadis Dukcapil Ceria menerima UPTD BLK Dinkes Sumbar di Prisma Room Dukcapil Ceria diawali dengan minum teh dan snack pagi ala Dukcapil Ceria.

Sebagai unit pelayanan publik dalam bidang kesehatan, UPTD BLK Dinkes Sumbar yang beralamat di Gunung Pangilun Kota Padang tertarik menggali informasi untuk pengembangan inovasi pelayanan dari Dukcapil Ceria. Hal tersebut diutarakan dalam diskusi ringan sambil minum teh sebelum pemaparan kebijakan pengembangan inovasi oleh Kadis Dukcapil Ceria.

Pemaparan yang santai dari Kadis Dukcapil Ceria diselingi dengan pertanyaan yang cukup substantif dari dr. Yan Rafiq, Kepala Seksi Pelayanan di UPTD BLK Provinsi Sumbar. Salah satu pertanyaan adalah terkait dengan pelaksanaan kolaborasi Dukcapil Ceria dengan Dinas Kesehatan dalam pengembangan aplikasi si Pakem apakah ada dilakukan evaluasi. Terkait pertanyaan tersebut, dijelaskan bahwa Dukcapil Ceria dan Dinkes selalu melakukan evaluasi terhadap si Pakem. (Baca Evaluasi Kegiatan, Dukcapil dan Dinkes Fokus Penguatan Si Pakem). Dalam waktu yang berbeda, sebagai bagian dari pengembangan aplikasi si Pakem, kolaborasi Dukcapil Ceria sudah melakukan training tenaga bidan desa secara bertahap. Salah satu materi training adalah autopsi verbal oleh Balitbang Kemenkes dengan aplikasi berbasis smartphone.

WhatsApp Image 2020-01-29 at 15.36.04 (1).jpeg

Dalam diskusi, Kadis Dukcapil Ceria memberikan inspirasi berbagai hal yang penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Layanan disabilitas dan lansia merupakan yang sangat penting dalam pelayanan publik. Beberapa hal yang terkait dengan layanan disabilitas dan lansia antara lain kursi roda, toilet disabilitas, parkir disabilitas. Sarana dan prasarana ini menjadi isu penting dalam penilaian pelayanan publik. Tidak hanya terkait ketersediaan sarana dan prasarana, tetapi keberfungsian dari sarana dan prasarana tersebut. Dalam keberfungsian, Kadis Dukcapil Ceria berbagi inspirasi bahwa Komisioner Ombudsman Sumatera Barat pernah melakukan uji coba kran dalam ruangan laktasi. Ruangan laktasi serta tempat bermain anak merupakan persyaratan berikutnya yang harus dipenuhi oleh unit pelayanan publik.

Sisi substansial yang paling penting dalam pengembangan inovasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik adalah komitmen untuk inovasi. Komitmen tidak hanya dari pegawai tetapi dari seluruh jajaran instansi pelayanan publik. Sebagai wujud internalisasi penerapan komitmen tersebut, Dukcapil Ceria melakukan internalisasi melalui pengembangan SDM serta penerapan apel pagi yang berbeda. Apel pagi dilakukan dengan mengakhir pengucapan tagline ceria serta visi Dukcapil Ceria.

Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria.
Dukcapil Ceria inspirasi inovasi untuk kemajuan Negeri.