Kolaborasi Dukcapil Ceria - BPBD, Matangkan Sistem Informasi Manajemen Bencana

By DUKCAPIL CERIA 14 Feb 2020, 12:15:00 WIB pemanfaatan data kependudukan

Berita Terkait

Berita Populer

Kolaborasi Dukcapil Ceria - BPBD, Matangkan Sistem Informasi Manajemen Bencana

Padang Pariaman, 14 Februari 2020

Dukcapil Ceria bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman terus mematangkan pengembangan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bencana. Sebagai bentuk komitmen tersebut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Budi Mulya, ST, M.Eng melakukan koordinasi dengan Kadis Dukcapil Ceria M. Fadhly. S., AP, MM pada Jumat 14 Februari 2020. Pertemuan dilakukan di Prisma Room Dukcapil Ceria. Kadis Dukcapil Ceria didamping oleh Kabid PIAK Anda Marzuni, S.Sos, dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan yang telah dilakukan oleh Dukcapil Ceria pada 2 Januari 2020 (Baca: Kolaborasi Dukcapil Ceria - BPBD, Wujudkan Sistem Informasi Manajemen Bencana Berbasis Data Kependudukan).

WhatsApp Image 2020-02-14 at 13.43.01 (3).jpegDalam diskusi antara Dukcapil Ceria dengan Kepala Pelaksana BPBD dibahas teknis sistem informasi bencana yang dikembangkan berbasis peta dari Badan Informasi Geospasial. Sistem informasi dikembangkan berbasis web dengan menggunakan titik koordinat potensi bencana berbasis nomor induk kependudukan (NIK). Untuk itu perlu ditetapkan wilayah pilot projet terutama wilayah pinggir pantai yang memiliki risiko bencana tsunami.

Dengan adanya peta potensi berbasis dengan data kependudukan, maka kedepannya kebijakan ini akan dikembangkan melalui kolaborasi kebijakan dengan perangkat daerah terkait. Salah satunya adalah kaitan peta potensi bencana dengan kebutuhan untuk penanggulangan bencana dan bantuan sosial. Kebijakan pemerintah daerah terkait bantuan sosial sebagai dampak dari bencana bisa diestimasikan untuk antisipasi penanganan korban bencana.

Pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan teknis berikutnya untuk simulasi aplikasi. Kegiatan tersebut diagendakan pada Selasa 25 Februari 2020. Dalam agenda tersebut akan dibahas tentang penyempurnan aplikasi serta pelaksanaan launching aplikasi.

Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria.
Semangat kolaborasi pengembangan inovasi untuk kemajuan Negeri.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment