Sukseskan Pilkada 2020, Dukcapil Ceria - KPU Optimalkan Coklat Pemilu

By DUKCAPIL CERIA 16 Jan 2020, 15:16:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Sukseskan Pilkada 2020, Dukcapil Ceria - KPU Optimalkan Coklat Pemilu

Padang Pariaman, 16 Januari 2020

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Prisma Room Dukcapil Ceria pada Kamis, 16 Januari 2020. Kunjungan ini bertujuan untuk koordinasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2020, dan merupakan kunjungan lanjutan setelah pertemuan  pada rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Padang Pariaman beberapa hari yang lalu (Baca: Dukcapil Ceria, Inspirasi Akurasi untuk Pemilihan Pemimpin Negeri).

KPU membawa 5 orang tim yang terdiri dari 2 (dua) orang komisaris, Ory Santika Sakban, dan Devi Aurora, beserta 2 (dua) orang sekretaris dan 1 (satu) orang operator Si Dalih, dan di fasilitasi langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabid Pengolahan Data dan Inovasi Layanan, dan Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan.

Pada kunjungan kali ini KPU bersama Tim Dukcapil Ceria membahas mengenai inovasi yang sudah pernah diterapkan bersama pada tahun 2019. Inovasi ini adalah Coklat Pemilu (Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih Untuk Pemilihan Umum). Dimana tahun tersebut pelaksanaan pemilu dengan pemilih dilakukan berdasarkan kepemilikan KTP-El. Melalui hal ini, akan didapatkan data kependudukan yang update dan tentunya akan meningkatkan akurasi data pemilih pemilu.

WhatsApp Image 2020-01-16 at 14.51.08(3).jpeg

Sebelum diterapkannya inovasi Coklat Pemilu, data yang dikumpulkan oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di lapangan biasanya bersifat offline. Sehingga belum diketahui apakah data yang diupdate telah sesuai dengan data kependudukan yang ada di server Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil.

Aplikasi Coklat Pemilu dapat dimanfaatkan Pantarlih KPU Kabupaten Padang Pariaman untuk cek status data masyarakat secara online via android. Pantarlih akan memasukan data langsung berdasarkan keadaan lapangan. Nantinya akan terlihat status data kependudukan masyarakat tersebut dan bisa menjadi acuan bagi Dukcapil Padang Pariaman dalam menentukan daerah mana yang membutuhkan program Si Bimo (Bisa Melayani On the Spot) khususnya pelayanan perekaman KTP el.

Pada pertemuan ini, dibahas bahwa Aplikasi Coklat Pemilu akan dikaji kembali dan dilakukan perbaikan serta  penambahan beberapa item untuk memaksimalkan dan mendukung kesuksesan pelaksanaan Pilkada pada bulan September 2020 nantinya.

Dukcapil Ceria Inspirasi Inovasi.
Coklat Pemilu , Akurasi untuk pemilihan Pemimpin Negeri.