Dukcapil Ceria, Inspirasi Inovasi Memacu Semangat Nagari

By DUKCAPIL CERIA 14 Jan 2020, 15:45:00 WIB pemanfaatan data kependudukan

Berita Terkait

Berita Populer

Dukcapil Ceria, Inspirasi Inovasi Memacu Semangat Nagari

Padang Pariaman, 14 Januari 2020

Inspirasi inovasi Dukcapil Ceria memacu semangat Pemerintah Nagari Balah Hilia Lubuk Alung dan Nagari Sikabu Lubuk Alung untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Nagari. Inspirasi tersebut terlihat dari antusiasnya perangkat Nagari dalam konsultasi teknis di prisma room Dukcapil Ceria untuk penerapan Nagari go digital pada Nagari masing-masing. Perangkat Nagari yang melakukan konsultasi teknis adalah Nosala Remia, S,TP Kasi Pemerintahan Nagari Balah Hilia Lubuk Alung dan Edison Putra Saleh Kasi Pemerintahan Nagari Sikabu Lubuk Alung.

Tim Dukcapil Ceria memfasilitasi perangkat Nagari terdiri dari Yenni Zulvia, Kasi Kerjasama, Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasi Pendataan Penduduk, Hermadila Sari dan Justin Alfauzi, BOT Dukcapil Ceria. Pada pemaparan awal, Dukcapil Ceria melalui Kasi Pendataan Penduduk menjelaskan tentang kebijakan umum Dukcapil Ceria untuk tahun 2020. Data kependudukan yang akurat merupakan modal utama untuk kemajuan Nagari. Dengan data yang akurat memudahkan tahapan perencanaan Nagari untuk menghasilkan kebijakan yang lebih baik. Kebijakan yang baik merupakan dasar menuju pencapaian kemajuan Nagari. Pada sisi lain merupakan bagian dari menyukseskan agenda penting tahun 2020 yaitu pilkada serentak dan sensus penduduk tahun 2020.

WhatsApp Image 2020-01-14 at 15.58.37.jpeg

Penjelasan lebih lanjut dilakukan oleh Kasi kerjasama Dukcapil Ceria yang memberikan pemaparan terkait koneksi dataware house (dwh) Dukcapil dengan openSID. Dengan koneksi dwh dengan openSDI memberi kemudahan dalam pengelolaan administrasi pemerintahan nagari yang berbasis kepada data NIK.

Untuk mendukung pelaksanaan Nagari go digital harus didukung dengan data kependudukan yang akurat. Akurasi data kependudukan melalui SIAK merupakan prasyarat utama untuk itu Nagari go digital. Hal ini menjadi poin pokok penjelasan Justin Alfauzi terkait pengelolaan SIAK oleh operator Nagari. Lebih lanjut diberikan penjelasan untuk akses ke SIAK Nagari serta penjelasan mengenai menu dalam SIAK.

Sedangkan teknis pengelolaan Nagari go digital dijelaskan oleh Sari BOT Dukcapil Ceria. Dalam diskusi terkait aplikasi Dukcapil Ceria Mobile, beberapa kendala dikemukakan oleh Kasi Pemerintahan dari masing-masing Nagari. Salah satu kendala yang sering ditemukan adalah data yang tidak ditemukan pada saat pendaftaran akun untuk aplikasi DC mobile. Kendala ini terjadi karena tidak adanya update data kependudukan lebih dari lima tahun.

Dukcapil Ceria, inspirasi inovasi untuk kemajuan Nagari.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment