Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 23 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-23 at 09.45.23 (1).jpeg

Dukcapil Ceria sebagai organisasi pembelajar terus melakukan pembenahan terhadap pelaksanaan pelayanan publik. Untuk pembenahan secara terus menerus dilakukan melalui evaluasi secara berkesinambungan terhadap kebijakan dan inovasi yang telah dikembangkan. Pada kamis, 23 Januari 2020 jajaran Dukcapil Ceria melakukan rapat evaluasi teknis untuk penyempurnaan kebijakan. Kegiatan rapat ini merupakan kelanjutan dari pada selasa 14 Januari 2020 (Baca : Evaluasi Awal 2020, Dukcapil Ceria Komitmen Menjadi Organisasi Pembelajar).

Kadis Dukcapil Ceria menyampaikan beberapa catatan kemajuan dari pelaksanaan rapat pada Selasa, 14 Januari 2020. Tahun 2020, Dukcapil Ceria Fokus kepada peningkatan kualitas pelayanan Nagari go digital tanpa meninggalkan inovasi yang sudah ada dan berjalan efektif saat ini. Kebijakan inovasi yang sudah efektif saat ini seperti layanan si bimo dan si preti akan terus dikembangkan dan diintegrasikan dengan layanan kebijakan Nagari go digital.

Padang Pariaman, 23 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-23 at 10.50.13222222.jpeg

Aplikasi si Pakem (Sistem Pelaporan dan Pencatatan Kelahiran dan Kematian) merupakan kolaborasi inovasi Dukcapil Ceria dan Dinas Kesehatan dalam pengelolaan data kependudukan terkait kelahiran dan kematian. Si Pakem merupakan kebijakan data kependudukan terintegrasi dari mulai Nagari, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan Dukcapil Ceria. Output dari kebijakan data terintegrasi bisa menjadi bahan kebijakan pada bidang kependudukan dan pencatatan sipil serta bidang kesehatan.

Terkait dengan efektivitas aplikasi si Pakem, Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman melalui pengelola teknis aplikasi si Pakem Nur Octavia Syamsul melakukan koordinasi dengan Dukcapil Ceria terkait pengelolaan si Pakem. Koordinasi dilakukan dalam bentuk evaluasi pengelolaan si Pakem pada akhir tahun 2019 dan persiapan kebijakan tahun 2020. Pada akhir november 2019 Dukcapil Ceria dan Dinkes sudah melakukan evaluasi si Pakem. (Baca: Evaluasi Kegiatan, Dukcapil dan Dinkes Fokus Penguatan Si Pakem)

Padang Pariaman, 23 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-23 at 11.50.22.jpegDukcapil Kota Tebing Tinggi menjadikan Dukcapil Ceria sebagai referensi utama untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Hal itu diungkapkan oleh Muhamad Arif Rahman Nasution, ST, M.AP, Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dukcapil Kota Tebing Tinggi dalam rangka studi pengembangan wawasan pelayanan mengenai adminduk dalam inovasi pelayanan di Prisma Room Dukcapil Ceria pada Kamis, 23 Januari 2020. Dalam kegiatan ini Kasi SIAK Dukcapil Kota Tebing Tinggi hadir bersama Toni Syahputra Saragih, A.Md, Administrator Data Base (ADB), dan Fazlan Azmal Lubis Operator SIAK.

Kegiatan ini didorong oleh upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui pengembangan inovasi pelayanan berbasis teknologi informasi. Pelayanan Dukcapil Kota Tebing Tinggi berdasarkan hasil evaluasi pelayanan publik oleh Kemenpan RB pada tahun 2019 dengan kategori B. Dukcapil Kota Tebing Tinggi bertekad untuk meningkatkan pelayanan dengan menggali informasi dari Dukcapil Ceria.

Padang Pariaman, 21 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-21 at 12.59.40.jpeg

Selasa, 21 Januari 2020 merupakan hari yang ceria bagi Dukcapil Ceria, dengan menerima kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Agam. Kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Agam dilakukan rangka menambah referensi penyusunan Ranperda inisiatif Komisi I serta menambah menambah referensi terhadap pelayanan Dukcapil dalam menggunakan aplikasi teknologi untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan penyambutan prisma room Dukcapil, Kadis Dukcapil Ceria, M. Fadhly. S, AP, MM berbagi inspirasi terkait pengembangan inovasi yang telah dilakukan oleh Dukcapil Ceria, diantaranya kebijakan Dukcapil Ceria Nagari go digital. Dengan Nagari go digital dikembangkan dua aplikasi, si Pakem dan Dukcapil Ceria mobile. (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial)

Padang Pariaman, 16 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-16 at 14.51.08.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Prisma Room Dukcapil Ceria pada Kamis, 16 Januari 2020. Kunjungan ini bertujuan untuk koordinasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2020, dan merupakan kunjungan lanjutan setelah pertemuan  pada rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Padang Pariaman beberapa hari yang lalu (Baca: Dukcapil Ceria, Inspirasi Akurasi untuk Pemilihan Pemimpin Negeri).

KPU membawa 5 orang tim yang terdiri dari 2 (dua) orang komisaris, Ory Santika Sakban, dan Devi Aurora, beserta 2 (dua) orang sekretaris dan 1 (satu) orang operator Si Dalih, dan di fasilitasi langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabid Pengolahan Data dan Inovasi Layanan, dan Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan.

Pada kunjungan kali ini KPU bersama Tim Dukcapil Ceria membahas mengenai inovasi yang sudah pernah diterapkan bersama pada tahun 2019. Inovasi ini adalah Coklat Pemilu (Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih Untuk Pemilihan Umum). Dimana tahun tersebut pelaksanaan pemilu dengan pemilih dilakukan berdasarkan kepemilikan KTP-El. Melalui hal ini, akan didapatkan data kependudukan yang update dan tentunya akan meningkatkan akurasi data pemilih pemilu.

Padang Pariaman, 15 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-15 at 15.07.46.jpeg

Badan Pusat Statistik memiliki hajatan besar tahun 2020 yaitu pelaksanaan Sensus Penduduk. Untuk kesuksesan pelaksanaan agenda tersebut, BPS Kabupaten Padang Pariaman melakukan kunjungan ke Dukcapil Ceria. Kunjungan ini dilakukan oleh Kepala BPS, Alfianto, dan 1 (satu) orang Kepala Seksi, Mulyadi, diterima oleh Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Adriyani, SE., MM di Prisma Room Dukcapil Ceria.

Kunjungan ini menguatkan komitmen bersama dalam rangka menyukseskan pelaksanaan SP 2020. Dukcapil Ceria memiliki peran sentral dalam kesuksesan SP 2020 melalui penyediaan data awal kependudukan Padang Pariaman. Sensus penduduk dilakukan setiap sepuluh tahun sekali ditahun yang berakhiran dengan angka 0 (nol). Sensus Penduduk bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, membentuk kerangka sampel untuk kegiatan statistik sepuluh tahun kedepan, memperoleh data parameter demografi (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) untuk keperluan proyeksi penduduk, indikator SDGs, serta sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1