Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 29 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-29 at 15.36.04 (9).jpeg


Dukcapil Ceria setiap hari selalu menebar inspirasi inovasi. Rabu, 29 Januari 2020 Dukcapil Ceria menerima kunjungan dari Balai Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Kadis Dukcapil Ceria menerima UPTD BLK Dinkes Sumbar di Prisma Room Dukcapil Ceria diawali dengan minum teh dan snack pagi ala Dukcapil Ceria.

Sebagai unit pelayanan publik dalam bidang kesehatan, UPTD BLK Dinkes Sumbar yang beralamat di Gunung Pangilun Kota Padang tertarik menggali informasi untuk pengembangan inovasi pelayanan dari Dukcapil Ceria. Hal tersebut diutarakan dalam diskusi ringan sambil minum teh sebelum pemaparan kebijakan pengembangan inovasi oleh Kadis Dukcapil Ceria.

Padang Pariaman, 28 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-28 at 10.15.19 (7).jpeg

Sebagai satu-satunya OPD berkategori pelayanan prima di wilayah I, Dukcapil Ceria menjadi referensi bagi instansi pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Untuk pertama kalinya, Dukcapil Ceria dikunjungi oleh tiga Disdukcapil dalam waktu yang bersamaan. Dukcapil tersebut adalah Dukcapil Kabupaten Siak Provinsi Riau, Dukcapil Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Provinsi Sumatera Selatan, dan Dukcapil Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Penerimaan kunjungan dilakukan oleh Kadis Dukcapil Ceria M. Fadhly. S, AP, MM di prisma room Dukcapil Ceria, Selasa 28 Januari 2020 pukul 10.00 WIB.

Dukcapil Kabupaten Siak dipimpin oleh Sekretaris Dukcapil, H. Syaiful Amri, SH, bersama 3 (tiga) orang Kepala Bidang, 4 (empat) orang Kepala Seksi, 1 (satu) orang Verifikator Keuangan, 1 (satu) orang Analisis Sistem Informasi, 1 (satu) orang Analisis SDM, dan 1 (satu) orang Adm. Kependudukan. Dukcapil Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dipimpin langsung Kepala Disdukcapil, Rismaliza, SH., M.Si, bersama 1 (satu) orang Kepala Bidang, 1 (satu) orang Kepala Seksi, dan 1 (satu) orang Analis Data dan Informasi. Sedangkan Dukcapil Kabupaten Dharmasraya juga dipimpin langsung oleh Kadis Dukcapil, Abdi Amri, SE, bersama 1 (satu) orang Kepala Bidang, dan 3 (tiga) orang Kepala Seksi.

Padang Pariaman, 27 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-27 at 14.54.41 (3).jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dikunjungi oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPPKBKPS) Provinsi Sumatera Barat pada Senin, 27 Januari 2020. Dalam agenda DPPKBKPS Provinsi dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Irwan, S.Sos, MM, didampingi oleh Drs. Dasran M.Si, dan Inda Sari, S.Kom. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka sinkronisasi dan integrasi program dan kegiatan antara DPPKBKPS dan Dukcapil Ceria untuk tahun 2020 serta evaluasi pelaksanaan tahun 2019.

Kepala DPPKBKPS Provinsi Sumbar melakukan diskusi dengan Kadis Dukcapil Ceria di prisma room serta melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pelayanan di front office Dukcapil Ceria. Dalam kegiatan di front office Dukcapil Ceria, DPPKBKPS melakukan diskusi dengan petugas pada corner layanan Nagari go digital. Salah satu hal yang menjadi pertanyaan kunci adalah ketersediaan blanko KTP el serta jumlah perekaman yang siap cetak.

Padang Pariaman, 27 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-27 at 11.49.25.jpegDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk pertama kalinya, dan satu-satunya organisasi perangkat daerah Dukcapil yang menjadi role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima di wilayah I. Penghargaan tersebut diserahkan oleh oleh Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo kepada Bupati Padang Pariaman dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB di Hotel Aston Batam, tanggal 7 November 2019. (Baca: Menjadi Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima, ini Kriteria Yang Dipenuhi Disdukcapil Padang Pariaman).

Sebagai satu-satunya OPD berkategori pelayanan prima di wilayah I, Dukcapil Ceria menjadi referensi bagi instansi pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Tidak hanya OPD Dukcapil tetapi OPD pelayanan publik lainnya yang berbeda kewenangan dengan Dukcapil. Sejak mendapat predikat pelayanan prima, jumlah kunjungan ke Dukcapil Ceria meningkat dalam rangka konsultasi terkait peningkatan kualitas pelayanan publik. Peningkatan tersebut lebih tinggi dibanding sebelum penerimaan penghargaan pelayanan prima.

Padang Pariaman, 25 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-25 at 10.42.41rotate.jpeg

Sarana dan prasarana merupakan salah satu komponen penting dari enam aspek pelayanan publik. Sebagai salah satu komponen penting, kualitas sarana dan prasarana pelayanan akan mempengaruhi terhadap capaian lima aspek pelayanan publik lainnya. Lima aspek pelayanan publik tersebut meliputi: kebijakan pelayanan publik; profesionalisme sumber daya manusia; sistem informasi pelayanan publik; mekanisme konsultasi dan pengaduan; dan inovasi pelayanan publik.

Terkait dengan hal dimaksud, Ducakpil Ceria pada Sabtu 25 Januari 2020 melakukan pembenahan terhadap sarana dan prasarana dilingkungan kantor Dukcapil Ceria. Sabtu, 25 Januari 2020 merupakan hari libur sehingga layanan Dukcapil Ceria weekend service ditiadakan. Hari libur dimanfaatkan oleh Dukcapil Ceria untuk melakukan pembenahan pada ruangan pelayanan serta beberapa bagian terkait di dalam Kantor.

Padang Pariaman, 24 Januari 2020

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, luar ruangan dan dalam ruangan

Dukcapil Ceria melalui Tim si Bimo (Bisa melayani on the spot) memberikan respon cepat terhadap permintaan pelayanan khusus oleh masyarakat. Laporan masyarakat yang disampaikan melalui tamasya (Tampek Mangadu Masyarakat) terkait adanya warga disabilitas yang membutuhkan perekaman biometrik serta penerbitan dokumen kependudukan. (Baca: Si Bimo dan Si Preti, Jawaban Disdukcapil dalam Memangkas Jarak Masyarakat)

Jumat 24 Januari 2020, si Bimo melakukan pelayanan on the spot di Korong Tiram Nagari Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih. Si Bimo melakukan pelayanan khusus di rumah dua orang warga yang tidak bisa datang ke Kantor Dukcapil untuk mendapatkan pelayanan perekaman biometrik serta penerbitan KTP-el. Hajjah Marin dan Sari harus mendapatkan pelayanan khusus karena lumpuh. Pelaksanaan pelayanan si Bimo mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Nagari Seulayat Ulakan melalui Sekretaris Nagari Ali Azwir.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1