Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 23 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-23 at 10.50.13222222.jpeg

Aplikasi si Pakem (Sistem Pelaporan dan Pencatatan Kelahiran dan Kematian) merupakan kolaborasi inovasi Dukcapil Ceria dan Dinas Kesehatan dalam pengelolaan data kependudukan terkait kelahiran dan kematian. Si Pakem merupakan kebijakan data kependudukan terintegrasi dari mulai Nagari, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan Dukcapil Ceria. Output dari kebijakan data terintegrasi bisa menjadi bahan kebijakan pada bidang kependudukan dan pencatatan sipil serta bidang kesehatan.

Terkait dengan efektivitas aplikasi si Pakem, Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman melalui pengelola teknis aplikasi si Pakem Nur Octavia Syamsul melakukan koordinasi dengan Dukcapil Ceria terkait pengelolaan si Pakem. Koordinasi dilakukan dalam bentuk evaluasi pengelolaan si Pakem pada akhir tahun 2019 dan persiapan kebijakan tahun 2020. Pada akhir november 2019 Dukcapil Ceria dan Dinkes sudah melakukan evaluasi si Pakem. (Baca: Evaluasi Kegiatan, Dukcapil dan Dinkes Fokus Penguatan Si Pakem)

WhatsApp Image 2020-01-23 at 11.00.15.jpeg

Dukcapil Ceria memaparkan beberapa catatan terkait pelaksanaan tahun 2019. Masih ada beberapa pelaporan kematian yang belum dilakukan autopsi verbal (AV). Terkait hal ini perlu dilakukan percepatan pelaksanaan AV sehingga diperoleh data yang komprehensif untuk semua pelaporan kematian. Fokus penguatan berikutnya adalah peran dari puskesmas dan bidan desa dalam proses pelaporan.

Pada tahun 2020, Dukcapil Ceria dan Dinkes fokus untuk penguatan peran puskesmas serta bidan desa. Dinkes akan memetakan puskesmas dan bidan desa terkait tingkat kesiapan dalam peran dan aktivitas pelaporan data. Berdasarkan pemetaan dilakukan pengelompokkan untuk menjadi prioritas peningkatan kapasitas bagi pihak puskesmas dan bidan desa.

Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria…
Dukcapil Ceria inspirasi kolaborasi menciptakan inovasi
kolaborasi untuk kemajuan Negeri.

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1