Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 16 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-16 at 2.50.45 PM.jpeg

Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu daerah yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk percepatan program 100 Smart City di Indonesia. Keberhasilan kebijakan Smart City di Kabupaten Padang Pariaman sangat ditentukan oleh keberhasilan penerapan kebijakan Smart Nagari. Smart Nagari merupakan faktor utama untuk mencapai smart city. Smart Nagari diusung dari elemen-elemen Smart City yaitu:
1.Smart Governance (tata kelola pemerintahan)
2.Smart Branding (branding daerah)
3.Smart Economy (perekonomian)
4.Smart Living (kualitas hidup dan kenyamanan)
5.Smart Society (interaksi masyarakat)
6.Smart Environtment (kelestarian lingkungan).

79925535_683426522184054_8790296573000024064_o.jpg

Kebijakan Nagari Go Digital yang ditetapkan oleh Dukcapil Ceria merupakan salah satu upaya percepatan penerapan smart Nagari di Kabupaten Padang Pariaman melalui elemen Smart Governance. Sebagai bentuk upaya percepatan penerapan Nagari Go Digital pada akhir tahun 2019 untuk 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman, Dukcapil Ceria mengadakan Sosialisasi Program Nagari Go Digital dalam Rangka Mendukung Smart Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Peserta sosialisasi adalah Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemberdayaan Masyarakat serta Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman. Dinas PMD dihadiri oleh Erman, S.Sos, MM Kepala Dinas, Dra. Elfi Delita, M.Farm, Apt Sekretaris, Rosi Yanti, ST Kabid Keuangan dan Aset, Dion Pranata, S.STP Kabid Pemdes, Rony Ersa Mahendra, S.IP Staf, dan Suarni Kasi Pemberdayaan Lembaga Sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika dihadiri oleh Roza Suhendra, SE, M.CIO Kabid E-Gov, Romi Satriawan Cahyadi, S.Kom, MAP Kabid  Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Handre, S.IP M.I.Kom Kasi Pengembangan Ekosistem E-Government, dan Alvinur staf Kominfo, Sedangkan TA P3MD dihadiri oleh Priska Defiyanti TA Perencanaan, Dasrul Effendi SH TA Pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pemaparan kebijakan Nagari go digital oleh Kadis Dukcapil M. Fadhly. S, AP, MM. Dalam pemaparan materi menyampaikan sinkronisasi program antara Kebijakan Nagari go digital, openSID, serta pemanfataan dana desa untuk mendukung pengembangan digitalisasi di Nagari. Kebijakan Nagari go digital telah diterapkan untuk seluruh Nagari melalui tahapan Nagari Digital pemula, Nagari Digital Madya, Nagari Digital Lanjutan, dan Nagari Digital Prima. Saat ini sudah ada 66 Nagari masuk dalam kategori Nagari Digital Madya (Baca: Menuju Kabupaten Go Digital, Enam Kecamatan sudah bisa laksanakan cetak dokumen adminduk di Nagari).

79438781_683426532184053_2027992628418576384_o.jpg

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan diskusi, yang diawali dengan tanggapan dari Kabid Keuangan dan Aset yang mendukung kebijakan Nagari go digital. Sedangkan Kabid e-Government Dinas Kominfo memberikan apresiasi kebijakan Nagari go digital dengan kebijakan openSID. Pada sisi lain Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat P3MD Dasrul, SH memberikan masukan tahapan untuk percepatan penerapan smart Nagari melalui pengembangan tahapan Nagari go digital. Sekretaris DPMD, Dra. Elfi Delita, M.Farm, Apt menyampaikan beberapa program ke Nagari dari masing-masing Perangkat Daerah yang bisa disinkronkan untuk mendukung smart Nagari. Program itu antara lain Kampung KB, Desa Siaga, Nagari Berprestasi.

Dalam akhir sosialisasi disepakati rencana kerja tindak lanjut, sebagai keputusan sosialisasi yaitu:
1.Mencanangkan komitmen bersama menerapkan Smart Nagari
2.Membentuk Sekretariat Bersama Smart Nagari
3.Menyusun regulasi serta road map Smart Nagari
4.Menetapkan pilot project
5.Melakukan evaluasi terhadap kondisi Nagari
6.Memulai bekerja sebelum tahun 2020.
Semangat go digital menjadikan Nagari milenial untuk efektivitas dan efisiensi penyelengggaraan Pemerintahan Nagari.
Semangat go digital inspirasi inovasi dari Nagari untuk kemajuan Negeri.

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1