Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 31 Juli 2019.

gambar1.jpgKepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memberikan presentasi pada pelatihan staf Puskesmas Sintuak, Kabupaten Padang Pariaman. Pelatihan ini ditujukan untuk mengingkatkan kualitas pelayanan puskesmas serta melengkapi akreditasi puskesmas ini yang akan dievaluasi pada tahun 2020. Sebanyak 40 orang staf puskesmas mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan dibuka oleh pimpinan puskesmas Sintuak Drg Fidia. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan harapannya tentang peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Kondisi saat ini, puskesmas Sintuak adalah puskesmas yang akan melaksanakan akreditasi pada tahun 2020 dengan status yang akan ditingkatkan. Puskesmas dengan 60 orang staf ini telah melaksanakan standar pelayanan yang prima, tetapi masih perlu meningkatkan kualitas pelayanan melalui inovasi-inovasi kekinian diluar kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan. “Untuk itulah kami mengundang Bapak Kadisdukcapil, agar kita bisa mendapatkan sharing ilmu untuk inovasi-inovasi dibidang pelayanan kesehatan di Puskesmas,” jelas drg. Fidia.

Kadisdukcapil Muhammad Fadhly berkesempatan menyampaikan sharing pengalaman pelayanan yang telah dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah berkategori A dari Kementerian PAN dan RB RI. Selain sharing tentang pelayanan dan inovasi, Kadisdukcapil juga menguraikan tentang merubah paradigma pelayanan menuju pelayanan zaman kekinian. Pelayanan zaman now menurut Fadhly adalah pelayanan yang memposisikan pasien sebagai partner, bukan hanya sebagai pelanggan yang dilayani saat berobat. Seorang partner tidak hanya berkomunikasi pada saat perlu, tetapi juga berkomunikasi saat tidak bertatap muka langsung. Dalam pelayanan kesehatan, penerapan ini bisa dicontohkan pada saat pasien telah kembali ke rumah, namun dokter atau petugas medis tetap menjaga hubungan dengan cara mengontrol pasien melalui telepon, pesan atau bahkan surat menyurat. Sebagai contoh, pasien dengan kondisi sakit dengan kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi, pihak puskesmas dapat melakukan kontak sebagai partner dengan mengirimkan surat yang berisi informasi pola makan yang seharusnya dikonsumsi sehari-sehari. Hal ini juga bisa dilakukan dengan kontak telepon, mengontrol kondisi pasien pasca berobat ke puskesmas.

Selain itu, Fadhly menghimbau kepada staf puskesmas secara bersama-sama harus merubah mindset. Dengan merubah mindset, diharapkan kualitas pelayanan dapat berubah sehingga menimbulkan kesan baik kepada pasien tentang pelayanan puskesmas. Dengan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari petugas kesehatan, akan dapat menebarkan cerita positif tentang puskesmas ditengah-tengah masyarakat.

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1