Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 27 Desember 2018

peluncuran.jpgDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dukcapil) Kabupaten Padang Pariaman tanggal 27 desember 2018 meluncurkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) guna menciptakan masyarakat tertib administrasi kependudukan. Acara dihadiri Forkopimda, Kadis Dukcapil Provinsi, Sekda, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Ketua Tom Penggerak PKK, Kepala PT Pos Indonesia dan segenap dharma wanita persatuan.

Sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 470/837/SJ tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan meliputi 4(empat) program, diantaranya:

1. Program Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan, yang difokuskan kepada:

- Peningkatan perilaku tertib administrasi kependudukan di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja dan komunitas masyarakat;

- Pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan yang diperlukan oleh setiap penduduk;

- Peningkatan nilai guna dokumen kependudukan bagi berbagai pelayanan publik;

- Pencapaian targt kinerja pemerintah daerah di bidang penerbitan dokumenkependudukan sesuai target nasional yang telah ditentukan.


2.Program Sadar Pemutakhiran Data Penduduk, yang difokuskan kepada:

- Peningkatan kesadaran penduduk untuk melaporkan setiap terjadi perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh setiap penduduk;

- Pelaksanaan pemutakhiran kartu keluarga sebagai data induk penduduk secara berkala;

- Pelaksanaan konsolidasi data penduduk secara tertib dan teratur  melalui aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

3.Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan Sebagai Satu-satunya data yang dipergunakan untuk kepentingan, yang difokuskan pada:

- Pemanfaatan data kependudukan oleh seluruh satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) untuk:

  1)Perencanaan pembangunan;

  2)Pelayanan publik;

  3)Alokasi anggaran;

  4)Pembangunan demokrasi;

  5)Penegakan hukum dan pencegahan kriminal;

- Pemberian kemudahan bagi lembaga pengguna data non lembaga vertikal skala provinsi, kabupaten / kota dalam kerjasama pemanfaatan data kependudukan skala provinsi, kabupaten/kota.


4.Program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia, yang difokuskan kepada:

- Peningkatan perilaku aparatur untuk mendukung pelayanan administrasi kependudukan;

- Menyederhanakan mekanisme dan syarat pelayanan administrasi kependudukan;

- Membuat inovasi pelayanan administrasi kependudukan sehingga pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien;

- Mengembangkan sistem pelayanan administrasi kependudukan yang online dan terintegrasi antar peristiwa kependudukan dan peristira penting yang berkaitan.


Target dari pelaksanaan #GISA adalah masyakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota, lembaga pengguna, dimana #GISA diterapkan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan puncaknya di tingkat nasional. Dalam penerapannya  sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, Bupati/Wali Kota melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mewujudkan paling sedikit 1(satu) desa/kelurahan dalam 1(satu) kecamatan di wilayah kabupaten/kota sebagai desa/keluarahan Sadar Administrasi Kependudukan. terwujudnya #GISA diharapakan dapat mewujudkan Indonesia sadar administrasi kependudukan, hal ini dilakukan  guna menciptakan ekosistem mendukung suksesnya #GISA.


Kepala Dinas Dukcapil Provinsi menyampaikan apresiasinya atas kesigapan Padang Pariaman dalam melaksanakan instruksi Menteri Dalam Negeri Terkait #GISA “Kita akui Disdukcapil Padangpariaman adalah yang terbaik di Sumbar. Layak dijadikan lokasi studi tiru daerah lain,”ujarnya. Bupati Padang Pariaman menambahkan terkait kesiapan Padang Pariaman dalam pelaksaan #GISA “dengan segala persiapan yang telah dilakukan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, kami yakin akan terlaksana dengan baik”. Sebagai pendukung pelaksaan #GISA, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menuturkan “Saat ini kita punya basis data kependudukan yang dapat dipakai oleh lembaga atau dinas yang terintegrasi dengan Nomor Induk Kependudukan.”


Selain meluncurkan #GISA, Kabupaten Padang Pariaman juga meluncurkan 14(empat belas) Inovasi dari 3 (tiga) OPD. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meluncurkan 6(ENAM) inovasi diantaranya PAK PERWIRA (Pelayanan Akte perkawinan di Gereja),  SEMEN PADANG PAK YAN (Sekali menikah dapat segudang paket layanan, PRISMA DUKCAPIL (Pusat Riset Statistik dan Manajemen Data Dukcapil), SI BIMO (Bisa melayani on the spot), ADIK (Anjungan Data Informasi kependudukan), dan SIPAKEM (Sistim pelaporan kelahiran dan kematian).

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1