Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Sungai Sariak, 27 Agustus 2018.

brtita kia2Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kembali meluncurkan produk pelayanan publik untuk memenuhi hak-hak anak terhadap identitas. Produk tersebut adalah Kartu Identitas Anak sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA). Tujuan penerbitan KIA adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Acara peluncuran KIA dilakukan di Gedung Olah Raga (GOR) Sungai Sariak di Kecamatan VII Koto pada Launching Kabupaten Layak Anak yang dihadiri oleh lebih dari 1000 anak dari berbagai PAUD dan Taman Kanak-kanak pada hari Senin, 27 Agustus 2018. Acara yang dibuka oleh Sekda Padang Pariaman tersebut juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan pemerintah serta Himpaudi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Jon Priadi SE MM menyampaikan pentingnya dukungan berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkan Padang Pariaman sebagai Kabupaten Layak Anak. Sementara itu Bunda PAUD Padang Pariaman, Ny Rena Ali Mukhni menyampaikan beberapa hal diantaranya pentingnya peranan orang tua untuk mendidik anak dengan kasih sayang, bukan dengan kekerasan. "Anak-anak kita harus dididik dengan cara-cara yang baik danpenuh kasih sayang, bukan dengan kekerasan atau pemaksaan", jelas Rena Ali Mukhni.

berita kia

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Fadhly menjelaskan tentang produk layanan baru KIA agar dimengerti oleh masyarakat. "Dinas menerbitkan KIA baru bagi anak kurang dari 5 tahun bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran. Dalam hal anak kurang dari 5 tahun sudah memiliki akta kelahiran tetapi belum memiliki KIA, penerbitan KIA dilakukan dengan membawa persyaratan yaitu fotocopy akte kelahiran atau memperlihatkan yang asli, Kartu Keluarga asli orang tua dan KTP-el asli kedua orang tua. Prosesnya tidak lama" jelas Muhammad Fadhly.

Sementara itu, pada kesempatan terpisah, Bupati Padang Pariaman menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan memberikan 10.000 (sepuluh ribu) Kartu Identitas Anak pada tahun 2018 dan akan meningkatkan pelayanannya pada tahun 2019. "Kita konsen untuk meningkatkan pelayanan publik diberbagai bidang termasuk pelayanan administrasi kependudukan. KIA adalah salah satu bagiannya, dimana kita akan terus memberikan KIA secara bertahap kepada semua anak di Padang Pariaman," jelas Ali Mukhni menutup pembicaraan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus meningkatkan pelayanan dari tahun ke tahun. Pasca penilaian atau evaluasi dari Kemenpan RB, dinas ini memperoleh penghargaan dari Gubernur Sumatera sebagai dinas dengan inovasi terbaik pada pelayanan administasi kependudukan di Sumatera Barat. (red)

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1