Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman (6 Februari 2018).

Menyongsong Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan dengan berbagai cara dan inovasi pelayanan. Pelayanan yang semakin mudah, cepat dan akurat menjadi tolok ukur peningkatan yang diselalu dievaluasi oleh Disdukcapil dari waktu ke waktu. Kebutuhan pelayanan yang semakin meningkat diiringi dengan permasalahan data penduduk yang juga semakin kompleks diketahui sejak diterapkannya pelayanan dengan sistem terintegrasi secara nasional yaitu SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan).

Beberapa PR (pekerjaan rumah) yang harus diselesaikan diantaranya pembenahan data penduduk nagari pemekaran, disamping pencapaian target kinerja yang juga harus dikejar di tahun 2018. Sebanyak 7 nagari termasuk nagari induk di Ulakan, Kecamatan Ulakan menjadi objek yang akan dilayani pada tangal 13-15 Februari. Sebelumnya Dinas Dukcapil telah melakukan pelayanan pembenahan data dalam program Pedang Saber Versi 2 Langsung Jadi Ditempat di beberap nagari diantara III Koto Aur Malintang Utara, Kuranji Hulu, Campago dan Tandikek beserta nagari pemekarannya.

Pelayanan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yang bertempat di kantor Camat Ulakan Tapakis. Lokasi ini ditentukan sebagai tempat pelayanan karena posisinya yang strategis dan memiliki jaringan internet yang cukup baik dari Dinas Kominfo Padang Pariaman.

"Karena pelayanan ini adalah pelayanan yang langsung jadi ditempat, maka memerlukan jaringan internet yang baik", ungkap Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Erlinawati. Sebagaimana telah dilakukan sebelumnya, pelayanan Pedang Saber Versi 2 yang mulai dilaksanakan mulai tahun lalu ini akan langsung menerbitkan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil ditempat dan dapat langsung dibawa oleh masyarakat pulang kerumah.
"Kita sudah merubah orientasi pelayanan yang dekat dengan masyarakat dimana rakyat benar2 merasakan bahwa pemerintah berada dekat dengan mereka. Hal ini sesuai dengan motto Bapak Bupati Padang Pariaman bahwa saatnya rakyat menikmati pelayanan yang diberikan pemerintah. Jadi kita yang mendatangi", jelas Erlinawati.

Sebanyak 7 nagari akan dilayani pada pelayanan ini. Oleh sebab itu, Dinas Dukcapil menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan ini. Pelayanan yang akan diberikan yaitu perekaman KTP-el bagi yang belum merekam data biometrik yang berguna untuk pemilihan walinagari nantinya, kartu keluarga, pelayanan akte kelahiran, akte kematian, dan surat keterangan pindah datang WNI. Persyaratan pelayanan telah disurati kepada Camat dan Walinagari dan Dinas menghimbau agar diumumkan kepada masyarakat. Dengan pelayanan ini diharapkan terjadi pembenahan data penduduk nagari pemekaran dan semua penduduk wajib KTP-el dapat melalukan perekaman data untuk mendapatkan KTP-el.
(Redaksi Dukcapil)

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1