Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

zona hijauDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus meningkatkan komitmen untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Komitmen yang kuat dibuktikan dengan peningkatan nilai tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan publik sesuai Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memperoleh nilai 95 atas 5 produk pelayanan publik dengan tingkat kepatuhan tinggi  di zona hijau.

Pada Tanggal 22 Desember 2017 diadakan penyerahan  predikat penilaian dengan narasumber PLT. Kepala Perwakilan  Ombudsman Sumbar, Adel Wahidi. Pengambilan data survey ini dilakukan pada Mei dan Juli 2017. Indikator dari penilaian ini diantaranya kejelasan biaya pelayanan, penyajian sistim informasi layanan publik seperti penyajian informasi secara inovatif dalam bentuk  katalog dan lain-lain. Selain itu,  tersedianya sarana dan prasarana seperti  toilet, loket, front office, pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas seperti kursi roda, toilet, ruang ibu menyusui dan lain-lain. Pengelolaan aduan dengan baik dan dengan prosedur yang jelas dan tersedianya petugas pengaduan juga menjadi indokator yang harus dipenuhi.

Berbagai Instansi  Pemerintah di  Kabupaten Padang Pariaman mendapatkan Penilaian dari lembaga Ombudsman RI. Ombudsman merupakan lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.  Pada saat melakukan survey, Ombudsman RI menggunakan metode tangible (nyata)dimana surveiyor  datang tanpa memberitahu ke dinas terkait. Sedangkan untuk skala ordinal/ bobot dari survey  ini berdasarkan tingkat kepentingannya ,jika semakin urgen maka semakin besar nilainya. Hasil penilaian  ini di akumulasikan dari beberapa kali kedatangan penilai dalam satu tahun . Nilai diberikan  antara 0-100. Jika nilai yang di dapat berkisar 0-50 maka berada di zona merah, sedangkan 51-80 berada di zona kuning, dan  81-100 berada di zona hijau.

Dari hasil penilaian tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memperoleh nilai 95 pada setiap item pelayanan dan berada pada zona hijau. Kelengkapan fasilitas Dinas Dukcapil pada saat ini sangat menentukan tingkat penilaian dan kualitas pelayanan yang dilaksanakan. Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa dinas akan terus berbenah walaupun dengan kondisi perkantoran yang masih menggunakan gedung lama.

“Yang penting kelengkapannya, kebersihannya dan dapat mendukung pelayanan secara menyeluruh sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat”, ujar Fadhly menjelaskan. Saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus membenahi sarana untuk mendukung kenyamanan masyarakat dalam pelayanan. “Nilai tahun ini akan menjadi bahan bagi kami untuk evaluasi. Mudah2an akan ada peningkatan nilai pada tahun mendatang”, jelas Fadhly menutup pembicaraan.

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1