Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***
Padang Pariaman/27 November 2016.
Perekaman Warga Disabilitas 1
Senin, 27 November 2017, Petugas Layanan Pengaduan mendapatkan informasi melalui nomor pelayanan pengaduan via Whatsapp resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman pada nomor 0811 694 3000. Nomor pengaduan yang juga bisa dilakukan via SMS ini telah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan keluhan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, selain nomor telepon yang disiapkan oleh dinas ini pada nomor 0751-93399 untuk jam kantor.
Seorang petugas nagari menyampaikan info tentang penyandang disabilitas (cacat fisik) yang belum mendapatkan pelayanan perekaman KTP-Elektronik. Selang beberapa waktu kemudian, petugas layanan pengaduan Disdukcapil sampai dilokasi dan melakukan perekaman bagi penduduk penyandang disabilitas yang bersangkutan.
 
Lantas, bagaimana layanan bagi penyandang disabilitas ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat? Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Erlinawati, SE menjelaskan bahwa layanan pengaduan adalah sarana yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk hal-hal seperti ini. "Cukup kirim pesan via WA atau SMS ke nomor tersebut atau telepon ke nomor 0751-93399, petugas kami akan melakukan pencatatan data dan konfirmasi untuk segera turun ke lapangan. Data harus jelas", ungkap Erlinawati.
 
Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan ini. Tapi perlu terus disosialisasikan agar dapat dimanfaatkan lebih banyak lagi. Kegiatan pelayanan pengaduan telah direncanakan dengan matang lengkap dengan pencatatannya. Syaratnya adalah data harus lengkap. Dinas akan menghubungi kembali via telepon kepada masyarakat yang menyampaikan pengaduan/keluhan untuk meminta data yang dibutuhkan sesuai dengan keperluan database kependudukan. Selanjutnya Dinas akan menghubungi pihak keluarga/yang menyampaikan keluhan untuk mengatur jadwal pelayanan ke rumah yang bersangkutan.
 
Sampai saat ini, dinas telah membantu lebih dari 400 keluhan dan pengaduan selama tahun 2017. Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa sesungguhnya banyak masyarakat kita yang berpotensi untuk dilayani dan itu mereka sampaikan melalui keluhan/pengaduan. "Sayangnya pelayanan pengaduan di instansi pemerintah sering belum tersedia dengan pengelolaan yang matang. Oleh sebab itu, kita akan terus tingkatan kinerja pelayanan pengaduan/keluhan disdukcapil ini", ungkap Muhammad Fadhly.
 
Sebagaimana telah dipublikasikan sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus melengkapi kebutuhan pelayanan masyarakat dengan beberapa sarana. Pembangunan fasilitas fisik yang terus dilengkapi ditambah dengan program-program kerja yang memberi manfaat untuk masyarakat. "Walaupun kecil, yang penting dapat memberi arti bagi masyarakat", ungkap Muhammad Fadhly menutup pembicaraan.
(Admin, red)
 
 
Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1