New Normal, Dukcapil Solok Selatan Jadi Pengunjung Luar Daerah Pertama di Dukcapil Ceria

By DUKCAPIL CERIA 18 Jun 2020, 15:15:00 WIB inovasi pelayanan
New Normal, Dukcapil Solok Selatan Jadi Pengunjung Luar Daerah Pertama di Dukcapil Ceria

Pariaman, 18 Juni 2020

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman berbagi inspirasi dengan sharing inovasi bersama Rombongan Disdukcapil Solok Selatan pada Kamis, 18 Juni 2020. Kunjungan ini merupakan kunjungan luar daerah pertama  setelah 3 bulan terakhir akibat penyebaran Pandemi Covid-19.

Disdukcapil Solok Selatan memboyong 11 orang anggota, dipimpin langsung oleh Kadis Dukcapil Solok Selatan, Bapak Efi Yandri, diikuiti oleh 4 orang perwakilan Bamus dan 6 orang perwakilan nagari.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Dukcapil Ceria, M.Fadhly S, AP., MM dan Sekretaris Nagari Lubuk Aluang, Landi Efendi menjadi Narasumber dengan pemaparan tentang pelaksanaan Program Nagari Go Digital di Kabupaten Padang Pariaman.

Inovasi Program Nagari Go Digital merupakan terobosan yang sangat efektif dan relevan diterapkan dimasa Covid-19, selain meminimalisir perjalanan masyarakat ke Kantor Dukcapil, ternyata total permohonan pelayanan dokumen kependudukan melalui Program Nagari Go Digital bahkan melebihi total permohonan pelayanan dokumen kependudukan secara tatap muka selama ini, dari yang hanya sekitar 200 pelayanan perhari, dengan pelayanan online bisa mencapai 856 pelayanan perhari.

Nagari Lubuk Aluang sebagai nagari dengan total permohonan dokumen kependudukan terbanyak di Kabupaten Padang Pariaman yaitu mencapai 887 permohonan sejak aplikasi ini di Launching pada akhir tahun 2019, diwakili oleh Sekretaris Nagari Lubuk Alung menyampaikan kiat dan teknis pelaksanaan  Program Nagari Go Digital di Nagari Lubuk Alung.

Disdukcapil Solok Selatan sendiri bersama perangkat Nagari berkomitmen untuk melaksakan inovasi yang serupa dengan Disdukcapil Ceria pada tahun 2020 untuk meningkatkan pelayanan dan mempersingkat jarak masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Solok Selatan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment